Kini, Ada Tampilan Subtitle Video secara Real Time di Google Chrome

JagatBisnis.com  – Google menambah fitur baru bernama Live Caption untuk layanan browser Chrome. Sesuai namanya, fitur ini mampu menampilkan teks kalimat (subtitle) yang diucapkan oleh seseorang dalam video secara real time.

Fitur ini bekerja dengan cara mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung. Live Caption sebenarnya mirip seperti subtitle dalam film. Tapi teks yang ditampilkan dibuat secara real time, berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video tersebut.

Selain video, fitur ini juga bisa menampilkan kalimat dari suara yang berasal dari konten podcast dan panggilan telepon. Bagi pengguna yang mengalami masalah pendengaran, fitur ini tentu sangat membantu untuk memahami isi pembicaraan. Karena teks akan dimunculkan lewat jendela pop-up kecil di bagian bawah video. Pengguna juga bisa mengatur ukuran teks yang akan ditampilkan.

Menariknya lagi, fitur ini masih berfungsi sekalipun suara dari video yang sedang diputar dimatikan. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memperbarui aplikasi Google Chrome ke versi 89 dari Google Play Store. Usai diperbarui, Anda bisa mengaktifkan fitur ini lewat pengaturan aplikasi dengan cara menjumpai menu Settings, lalu scroll ke bagian Advanced, dan pilih opsi Accessibility.

Di sana akan muncul toggle Live Caption dan Anda bisa langsung menggeser ke kanan untuk mengaktifkannya. Fitur ini sementara baru bisa menampilkan teks dari kalimat berbahasa Inggris.Ke depannya, Google berencana akan menambah dukungan untuk bahasa lainnya. Kendati demikian, tidak disebutkan kapan dukungan untuk bahasa lain itu akan diluncurkan. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button