Keren! Kini, Daur Ulang Sampah Bisa Pakai Aplikasi

JagatBisnis.com –  Sampah hingga kini masih menjadi masalah di Indonesia karena penanganannya masih belum maksimal. Daur ulang menjadi salah satu cara untuk menangani masalah sampah. Karena dengan daur ulang, sampah bisa menjadi duit. Inilah inovasi dari perusahan rintisan lokal, Duitin bersama PT SIG Combibloc Indonesia dengan merilis kampanye daur ulang sampah kemasan.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kemasan, makanya kami menggandeng Duitin untuk menggelar kampanye ini. Karena salah satu sampah yang bisa dikumpulkan dan didaur ulang adalah sampah kemasan karton minuman,” kata Head of Market Indonesia, Malaysia and Philippines PT SIG Combibloc Indonesia, Noer Wellington pada acara SIG X Duitin “Way Beyond Good”, secara virtual, Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, kampanye ini bertujuan mengurangi separuh dampak lingkungan dan menyelamatkan bumi, dengan mengajak masyarakat untuk mau mendaur ulang sampah, khususnya sampah bekas kemasan. Kampanye ini
menggandalkan kontribusi positif dari masyarakat, khususnya genarasi muda untuk mencoba kemudahan dalam mendaur ulang sampah.

“Dengan memanfaatkan teknologi, kini daur ulang sampah, khususnya sampah bekas kemasan bisa menggunakan aplikasi Duitin. Aplikasi ini sangat luar biasa untuk menjangkau masyarakat tertentu, terutama yang muda-muda yang suka online,” paparnya.

Sementara itu, Co-Founder dari Duitin, Adijoyo Prakoso menambahkan, cukup dengan mendownload aplikasi Duitin baik di Google Play maupun di App Store, sudah memulai langkah kecil untuk menyelamatkan bumi dari sampah. Bahkan, masyarakat juga akan mendapatkan uang yang akan didapatkan ketika menukarkan sampah di aplikasi ini.

“Dari aplikasi tersebut, masyarakat bisa menjual sampah anorganik yang sudah dipilah dengan berat minimal 3 kg. Kemudian, picker kami akan mengambil sampah itu. Jadi, secara sederhana aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengelolaan sampah daur ulang menggunakan fasilitas penjemputan oleh picker,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pengguna aplikasi juga bisa membuat picker lebih terarah dalam mengumpulkan sampah daur ulang. Di sisi lain, aplikasi ini juga sebagai sebuah gerakan untuk memilah, mengumpulkan serta mengelola sampah sehingga bisa mendapatkan ‘kehidupan kedua’ melalui proses daur ulang.

“Memiliki visi yang sama, daur ulang ini itu yang kemudian disingkat menjadi Duitin ini dalam aplikasinya juga memiliki tujuan untuk membantu masyarakat dalam mendaur ulang sampah yang ada. Karena berdasarkan data, saat ini antusias masyarakat untuk mendaur ulang sampah masih kecil,” pungkasnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button