Kementerian PUPR Siap Salurkan Bantuan Rumah Khusus untuk Pemkab Batang Hari

JagatBisnis.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menyalurkan bantuan rumah khusus untuk relokasi masyarakat Orang Kayo Hitam yang rumahnya terancam rusak akibat tergerus aliran air sungai Batang Hari. Untuk itu, Kementerian PUPR meminta pemerintah Kabupaten Batang Hari untuk segera melaksanakan pendataan jumlah penduduk serta menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan rumah khusus tersebut.

“Kami akan melakukan penyaluran bantuan rumah khusus untuk Kabupaten Batang Hari dan siap melakukan relokasi masyarakat Orang Kayo Hitam yang huniannya terancam longsor dan berada di pinggiran sungai Batang Hari,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid saat melakukan rapat koordinasi program perumahan dengan Wakil Bupati Batang Hari, Bakhtiar secara daring, Selasa (13/4/2021)

Menurut Khalawi, berdasarkan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pemerintah harus hadir dalam membantu penyediaan hunian layak bagi masyarakat. Salah satunya adalah melalui penyediaan rumah khusus untuk masyarakat yang terdampak relokasi akibat pembangunan sempadan sungai.
Kementerian PUPR terus mendorong Program Sejuta Rumah dengan melaksanakan kolaborasi antar pemangku kepentingan bidang perumahan untuk membangun rumah sebanyak-banyaknya untuik masyarakat.

“Kami harap Pemkab Batang Hari bisa segera mengirimkan data rumah yang mengalami kerusakan dan bisa menyediakan lahan sesuai denganan RTRW agar lokasinya benar-benar sesuai dengan peruntukkan dan bukti legalitas kepemilikan tanah serta data calon penerima bantuan rumah khusus ini,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Batang Hari, Bakhtiar menyatakan Pemda sedang menyusun RPJMD untuk pelaksanaan program kerja dan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Masyarakat di kabupaten Batang Hari banyak menjadi petani sawit dan karet yang penghasilannya sangat minim sehingga membutuhkan bantuan pemerintah di sektor perumahan.

“Salah satu program utama Pemkab Batang Hari adalah peningkatan ketahanan terhadap antisipasi bencana alam, penanganan kawasan kumuh serta penyediaan hunian yang layak huni untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan aparatur sipil negara serta PSU untuk perumahan.
Pemkab Batang Hari mengajukan usulan rumah khusus untuk relokasi 120 Kepala Keluarga yang tinggal di Orang Kayo Hitam. Kami juga telah menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan seluas 3,44 hektar untuk lokasi pembangunan rumah khusus ini,” terangnya. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button