Kementerian ATR/BPN Sosialisasikan Program Strategis Nasional di Jember

JagatBisnis.com – Sosialisasi program strategis nasional kembali dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN. Kali ini dilaksanakan di Kabupaten Jember, Selasa (08/06/2021). Pada acara yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar ini, hadir pula sebagai narasumber, Anggota Komisi II DPR RI, Arif Wibowo serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jember, Sugeng Muljosantoso.

Diikuti oleh 100 orang peserta, sosialisasi melalui pertemuan luring ini menetapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Selain menerapkan pembatasan jarak, seluruh peserta dan juga panitia telah dipastikan non reaktif melalui tes usap antigen.

Pada sambutan pembukaannya Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur menyambut baik kegiatan ini. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat sehingga harus diketahui oleh seluruh masyarakat. “Kami berharap kepada Bapak Ibu peserta yang hadir juga menularkan informasi yang didapat hari ini ke tetangga-tetangganya,” ujar Jonahar.

Senada dengan Jonahar, Anggota Komisi II DPR Arif Wibowo juga mendukung PTSL ini. Pentingnya fungsi tanah bagi manusia adalah salah satu sebabnya. “Tanah adalah nyawa kita semua,” ujar Arif Wibowo.

“Tugas kami di legislatif diantaranya mendorong dari segi anggaran dan saya juga mohon Kantor Pertanahan melakukan edukasi PTSL tidak hanya terbatas pada peserta yang datang saat ini tapi seluruh jejaring di desa,” tambahnya.

Dalam rangka melaksanakan PTSL ini, Kantor Pertanahan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan juga masyarakat melalui skema Trijuang. “Ini menjadi titik keberhasilan PTSL, kami melaksanakan MoU dengan Pemerintah Daerah, pihak terkait lain dan saat ini kami memiliki desa-desa binaan PTSL,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jember Sugeng Muljosantoso saat menjelaskan langkah-langkah penyelesaian target PTSL di kantor yang dia pimpin.

Sebagai informasi, Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN selain dilakukan melalui pertemuan luring seperti ini juga dilaksanakan melalui media lainnya. “Masifikasi informasi ini juga dilakukan melalui 510 akun media sosial yang Kementerian ATR/BPN miliki yang tersebar di seluruh unit kerja di seluruh Indonesia sehingga informasi segera tersampaikan kepada masyarakat,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga, Indra Gunawan ditemui di tempat yang sama.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button