Kemenperin Puji Desain Kendaraan Multiguna Fin Komodo Buatan Cimahi

jagatbisnis.com – Departemen Perindustrian mengapresiasi konsep alat transportasi multiguna ciptaan Cimahi dalam Indonesia Good Design Selection( IGDS) 2020.

“ Salah satu pemenangnya merupakan PT Fin Komodo Teknologi yang berawal dari Cimahi, Jawa Barat, dengan menghasilkan konsep Fin Komodo KD 250 X,” tutur Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Berbagai macam( IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih melalui keterangan resminya, Jakarta, Rabu( 20 atau 1 atau 2021).

Fin Komodo, yang didesain oleh Ibnu Susilo, memenangkan apresiasi Grand Award IGDS 2020 jenis Design Product dengan mengalahkan ratusan partisipan yang lain. Fin Komodo merupakan alat transportasi cakra 4 yang didesain spesial untuk melewati ajang curam, tetapi didesain dengan kenyamanan kolam mobil sedan.

“ Konsep sesuatu produk betul- betul sangat mempengaruhi hasrat pasar. Misalnya produk industri jika sudah terdapat desainnya, pastinya tentu diiringi pengemarnya,” tutur Gati.

Sejak tahun 2018, PT Fin Komodo telah memproduksi 8 mobil multiguna Fin Komodo untuk pengguna dalam dan luar negara. Mobil ini terencana dilahirkan dengan mencampurkan teknologi pesawat melambung dan alat transportasi bumi sehingga suspensinya terasa elastis, enteng, dan akas. Berat mobil yang sejenak mendekati Jeep terbuka ini cuma 420 kilogram. Penggunaannya juga lumayan mudah, sedemikian itu pula penjaannya.

” Di tingkat Asia, jika produk kita sudah dilihat oleh acara- acara di luar negara, berarti ia memiliki daya saing. Jika sudah dapet apresiasi IGDS, daya saingnya tentu dapat lebih bertambah,” kata Gati.

Dibanding mobil outdoor yang lain, harga Fin Komodo lumayan bersaing. Per unitnya dihargai cuma Rp110 juta. Fin Komodo sudah banyak dicoba oleh para penggemar olah badan off road. Tidak hanya itu, alat transportasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat transportasi calo wilayah pedesaan ataupun di wilayah terasing.“ Dengan demikian, percepatan pemerataan ekonomi di perdesaan dapat tercapat dengan aktivasi yang ditopang oleh alat transportasi multi guna seperti Fin Komodo,” ekstra Gati.

Pengamat Konsep Otomotif Rudi Berakal, sekalian Hakim IGDS 2020, memperhitungkan Fin Komodo sanggup jadi pilar konsep alat transportasi multiguna di Tanah Air.“ Kehadirannya menanggapi seluruh kebutuhan zona rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desiain yang lebih khusus,” ucap Rudi.

Tidak hanya untuk pergerakan warga, Fin Komodo ditaksir bisa digunakan untuk alat transportasi Tentara Nasional Indonesia(TNI) dalam usaha melindungi wilayah pinggiran. Para pengawal hutan juga bisa menggunakan mobil ini untuk menanggulangi kebakaran hutan dan tanah karena karena Fin Komodo sanggup menjelajahi kubangan dan tanah curam dengan penampilan yang bagus.

HOME

EKONOMI

INFRASTRUKTUR

Kemenperin Memuji mengalem Konsep Alat transportasi Multiguna Fin Komodo Ciptaan Cimahi Wayan Adhi Mahardika

Rabu, 20 Januari 2021 20: 40 WIB

Kemenperin Memuji mengalem Konsep Alat transportasi Multiguna Fin Komodo Ciptaan Cimahi

Fin Komodo KD 250 X Kemenperin

“ Mobil ini pula dapat digunakan untuk pemindahan, cagak kegiatan pertanian, pertambangan, perkebunan, dan kegiatan lain yang tidak bisa dijangkau alat transportasi konvensional,” jelas Rudi.

Tak bingung dengan beragam kelebihan itu, Fin Komodo sukses mendapat apresiasi paling tinggi IGDS 2020. Pertandingan yang telah dimulai sejak tahun 2001 ini ialah bentuk penghargaan Kemenperin pada insan inovatif yang sanggup menghasilkan konsep produk terbaik dan inovatif. Tujuannya supaya produk itu sanggup bersaing dengan cara garis besar.( ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button