Kelompok Teroris Merauke Berbaiat ke ISIS

JagatBisnis.com – 10 tersangka teroris dibekuk di Merauke melakukan ikrar loyal ataupun baiat ke kelompok radikal Negeri Islam Irak dan Suriah( ISIS).

” Jadi, 10 orang itu sebagai kelompok Ansharut Daulah yang terdapat kaitannya dengan ISIS. Mereka pula menjajaki bimbingan raga( idad) di situ menggunakan senjata,” tutur Argo di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

10 tersangka teroris yang diamankan ialah AK, SB, ZR, UAT, DS, SD, WS, YK, AP dan IK, dari 10 orang terdapat pendamping suami istri ialah AP dan IK( wanita).

Penahanan kembali bersinambung pada Minggu( 30 atau 5), Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri membekuk satu lagi anggota jaringan teroris Ansharut Daulah di Merauke.

Bagi Argo, diamati dari nama- nama 10 tersangka teroris di Merauke itu ialah orang dari Jawa dan dari Sulawesi, yang sudah bermukim lama di Merauke.

Penahanan kepada mereka, lanjut Argo, ialah deretan dari pada penahanan tersangka teroris yang dilakukan di Sulawesi Selatan.

” Terdapat sebagian benda fakta yang ditemukan di situ semacam senapan angin, senjata runcing, dan pula terdapat perlengkapan panah,” tutur Argo.

Tidak hanya itu, aparat pula menemukan sebagian larutan dan perlengkapan dan materi kimia yang lain. Seluruh benda fakta itu masih dalam penajaman mencari ketahui isi kandungannya.

” Setelah itu pula terdapat dari 10 orang ini tercampur dalam kelompok menggunakan grupWhatsAppatau Telegram yang isinya mengandung faktor radikal,” tutur Argo.

Kelompok JAD Merauke ini, tutur Argo, merancang aksi teror di GerejaMerauke, Polres Merauke dan Satlantas Merauke.

” Sasarannya itu melakukan aksi teror terdapat di Polres, terdapat di gereja dan terdapat di SatlantasPolres,” tutur Argo.

Dengan terdapatnya perihal itu, tutur Argo, interogator Densus 88 Anti Teror Polri saat ini sedang intensif mengecek pada tersangka.

” Pastinya mengecek itu tidak sekalian berakhir, pastinya masih terdapat teknis dan siasat dari Densus supaya mereka memberikan keterangan yang lalu jelas, keterangan apa yang mereka natural,” tutur Argo.

Kesepuluh orang yang diamankan masuk dalam jaringan Anshor Daulah dan terlekat dalam permasalahan bom bunuh diri dini Januari lalu di Makassar.

Para tersangka teroris itu memang kerap ke Makassar dan terdapat yang terkait permasalahan bom bunuh diri.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button