Keju Kambing Spanyol, Jadi Keju Terbaik di Dunia 2021

JagatBisnis.com – Keju kambing dari Spanyol berhasil meraih gelar keju terbaik di dunia versi World Cheese Awards. Keju dari susu kambing ini bernama Olavidia yang dipasarkan dengan nama komersial Quesos y Besos yang berarti keju dan ciuman.

“Keju kambing nan lembut ini mengalahkan 4.079 keju dari 40 negara di 5 benua di dunia,” kata juri asal Inggris, Jason Hinds, Minggu (7/11/2021).

Jason mengungkapkan, keju Olavidia itu mendapatkan 103 suara dari sekitar 250 juri. Keju ini mengalahkan keju lembut dari Prancis, Fromageri Berthaut yang dicuci dengan Marc de Bourgogne dengan 98 suara.

“Kami menilai berdasarkan tampilan, rasa, dan aroma,” tegasnya.

Sementara itu, pemilik Olavidia, Silvia Palaez menjelaskan, usaha keju miliknya merupakan usaha kecil di kota Jaen dengan hanya 6 pegawai. Keju kambing ini memiliki bentuk yang khas dengan garis hitam yang mencolok di tengahnya.

“Keju ini dimatangkan dengan jamur Penicillium candidum dan abu batu zaitun. Garis hitam itu berasal dari abu tersebut,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Pada penyelenggaraan tahun 2019, keju terbaik di dunia dimenangkan oleh keju biro organik, Rogue River Blue dari Amerika Serikat. Pada tahun 2020, ajang ini tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button