Kebakaran Kilang Balongan, 26 Ribu KL BBM Raib

JagatBisnis.com –  Pimpinan Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto meminta PT Pertamina( Persero) lalu melindungi cadangan BBM menyusul kebakaran tong di Kincir Balongan, Indramayu, Jawa Barat, sebagian durasi lalu.

Perihal itu dikatakan Sugeng dalam dialog virtual berjudul Terbakarnya Tanki Balongan, Cadangan BBM Nyaman yang diselenggarakan Ruang Tenaga pada Kamis( 1 atau 4 atau 2021).” Tong penyimpanan BBM di situ( Balongan) banyak sekali. Terdapat sekitar 38 tong tumpuk yang berisikan BBM. Terdapat pula tong lain yang masih( berisikan) processing, crude, terdapat setengah BBM yang bahkan jumlahnya hingga 70- an( tong),” ucapnya.

Sugeng mengatakan, menemukan informasi tentang kebakaran di Kincir Balongan pada jam 04. 00 Wib, Senin dini hari( 29 atau 3 atau 2021). Setelah membenarkan berita itu betul, beliau langsung mengkonfirmasi perihal itu pada pihak yang berkompeten menjawabnya.

Dipaparkan, terdapat 4 tanki BBM yang dibakar, di mana keseluruhan kehilangan BBM yang lenyap( dibakar), mencapai 26 ribu KL.” Tong awal kapasitasnya 27. 000 KL, durasi dibakar terisi sekitar 23. 000 KL. Satu Tanki yang lain cuma bermuatan 3. 000 KL, keseluruhan 26. 000 KL( BBM dibakar),” tutur Sugeng.

Kincir Balongan ialah harapan Pertamina untuk menyediakan kebutuhan BBM di Jabar, DKI Jakarta dan beberapa Banten. Kincir itu memiliki kapasitas yang amat besar, ialah 125. 000 barel, dengan produknya ialah Pertamax, Pertalite dan Bermutu.

Sugeng mengetahui, keberadaan Kincir Balongan amat penting karena menyediakan BBM untuk wilayah lain. Beliau juga menguak, dari keseluruhan kapasitas penyimpanan BBM di Halte BBM( TBBM) Plumpang sebesar 15. 000 KL, sebesar 14. 000 KL antara lain ialah suplay dari Balongan.

Sementara, Tua Vice President Corporate Communications& Penanam modal Relations Pertamina, Agus Suprijanto membenarkan stok dan cadangan BBM di Indonesia spesialnya DKI Jakarta dan Jabar nyaman. Kebakaran Tong BBM di Balongan, hingga langsung di- cover dari Kincir Cilacap dan TPPI Tuban. Sedang Depo Plumpang di- back up dari Halte Tanjung Gerem, Cilegon, Banten.

tutur Agus, Pertamina membenarkan stok dan cadangan BBM nyaman. Kemarin Dirut Pertamina bersama dewan lain memantau sistem dan penyaluran BBM dan LPG di Operation Centre digitalisasi BBM dengan cara nasional nyaman.

Berikutnya, bagi Agus, cara pengoperasian kembali Kincir Balongan juga segera dilakukan. Cara analitis pemicu kejadian sedang berjalan dan akan dipercepat penyelesaiannya. Tahap ini sesuai bimbingan Badan Komisaris Pertamina pada rapat koordinasi dengan Dewan Pertamina pagi tadi.

” Ketetapan itu ialah komitmen Pertamina dalam aplikasi prinsip kosong tolerance kepada setiap kejadian yang terjadi di area Pertamina,” tegas Agus. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button