Kalbe Edukasi Tumbuh Kembang Anak, Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna

jagatBisnis.com – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menyelenggarakan edukasi kesehatan secara daring kepada media bertema “Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna” dengan narasumber Dr. Frieda Handayani, SpA(K), dan Dr. Molly Dumakuri Oktarina ,SpA(K). Edukasi ini bertujuan mengetahui bakteri baik saluran cerna mampu mendukung tumbuh kembang anak dan apa saja manfaat bakteri baik dalam perkembangan sistem imunitas anak.

“Kalbe secara konsisten melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat, salah satunya dalam hal tumbuh kembang anak dengan mengoptimalkan kesehatan saluran cerna pada anak,” ujar Hari Nugroho, Head of External Communication & Stakeholder Relation PT Kalbe Farma Tbk. “Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapat pemahaman mengenai bakteri baik yang ada pada saluran cerna anak,” lanjut Hari. “Asupan probiotik di awal kehidupan bayi didapatkan dari ASI karena mampu membantu mengoptimalkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan daya tahan tubuh serta menunjang tumbuh kembang anak dan kecerdasan dan perilaku anak,” ujar Dr. Frieda Handayani, SpA(K). “Seperti kita ketahui, kesehatan saluran cerna sangat penting bagi tubuh sebagai satu-satunya pintu masuk nutrisi, dimana peran nutrisi dan mikrobiota baik dalam saluran cerna bersimbiosis mendukung daya tahan tubuh, kecerdasan dan perilaku anak,” tambah Dr. Frieda.

“Seribu hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode emas seorang anak yang akan memberikan efek jangka panjang di kehidupan mendatangnya. Dimana pada periode ini terjadi percepatan pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, sel otak, dan sel kekebalan tubuh (imun),” kata Dr. Molly Dumakuri Oktarina ,SpA(K). “Berbagai faktor dapat mempengaruhi perkembangan sistem imun pada bayi/anak, diantaranya adalah mikrobiota usus (saluran cerna). Sekitar 70 – 80% sel imun terdapat di dalam usus sehingga mikrobiota saluran cerna berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat. Dimana mikrobiota yang berperan adalah mikrobiota komensal (baik), bukan mikrobiota patogen (jahat),”tambah Dr. Molly.

“Liprolac Baby mengandung probiotik Bifidobacterium animalis subsp. lactis (BB-12®). Cocok diberikan sejak bayi baru lahir untuk mengoptimalkan kesehatan saluran cerna dan mendukung tumbuh kembang anak,” ujar apt. Eric Antonius, M.M. Product Manager PT Kalbe Farma Tbk. “Liprolac Baby hadir dalam bentuk obat tetes (oral drops ), bebas laktosa, bebas gluten, tanpa rasa dan pengawet serta praktis karena tidak perlu disimpan di kulkas. Para orang tua dapat memberikan Liprolac Baby secara langsung pada lidah, melalui sendok atau dicampurkan pada susu atau makanan,” tutup Eric.(saf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button