Jumat Agung, Masjid Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jamaat Gereja Katedral

JagatBisnis.com – Masjid Istiqlal menyediakan halaman parkir untuk para jamaat Gereja Katedral yang ingin melakukan ibadah Jumat Agung di tahun 2021.

“Memang sejak kemarin-kemarin ini sebelum renovasi kita sudah buka kok, teman kita parkirnya terbatas, sementara di sini kan luas, apalagi hari Minggu kan relatif kosong nih kita pinjamkan ke Katedral,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat ditemui di Pintu Al-Fattah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (2/4/2021).

Selama ini, kata Nasaruddin, Masjid Istiqlal dan Gereja saling membantu dalam menyiapkan lahan parkir para jamaahnya. Masjid Istiqlal pun kerap dibantu oleh Gereja Katedral, terutama saat perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

“Kita dalam hari raya tertentu juga pinjam, misalnya Idul Fitri (atau) Idul Adha kita dipinjamkan juga parkirnya. Ini kan toleransi lapangan parkir, satu cerminan yang sangat indah kan,” katanya.

Seperti diketahui, umat kristiani hari ini melaksanakan ibadat Jumat Agung, yang masuk dalam rangkaian Pekan Suci Paskah 2021. Polisi melakukan penyisiran untuk memastikan menjelang ibadah Jumat Agung aman.

Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom menerangkan kegiatan ibadat Paskah hari ini berlangsung pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB. Jemaat diperkenankan memarkir kendaraannya di area parkir Masjid Istiqlal, tepatnya di Jl Perwira, Jakarta Pusat. Dari area parkir, jemaat dibolehkan masuk melewati pintu Al-Fattah Masjid Istiqlal menuju pintu IV Gereja Katedral.

“Dari panitia Gereja Katedral sudah memberikan informasi kepada jemaat yang melaksanakan ibadah. Jadi seluruh kendaraan parkir di basement Masjid Istiqlal di depan SMP 4,” kata Maulana di lokasi, Jumat (2/4/2021).

Selain TNI-Polri, petugas dari Dishub hingga Satpol PP juga bergabung mengamankan acara hari ini. Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom mengatakan total ada 150 personel gabungan yang bertugas selama Pekan Suci Paskah 2021.

“Untuk titik pengamanan kurang-lebih ada 6 titik, ada 3 di samping Gereja Katedral, terus ada juga pengamanan di basement Istiqlal, terus ada pintu masuk, pintu Al-Fattah, dan pintu empat dari Gereja Katedral,” ucapnya.

Personel gabungan bersama Unit Penjinak Bom (Jibom) juga telah mensterilisasi seluruh area peribadatan di kawasan ini. Maulana menjamin situasi saat ini kondusif.

“Kita ada personel gabungan TNI-Polri, Brimob, dan Unit Jibom (penjinak bom) yang tadi pagi sudah melaksanakan sterilisasi pukul 06.00 WIB sudah melaksanakan sterilisasi di Gereja Katedral,” jelasnya.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button