Jembatan Putus, Ratusan Warga di Magetan Terisolasi

JagatBisnis.com – Kurang lebih 200 Kepala keluarga( KK) ataupun 600 jiwa masyarakat Desa Sumbertowo, Dusun atau Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan terasing dampak putusnya jembatan Sumbertowo. Jembatan ini ialah akses utama masyarakat.

” Peristiwa pada Sabtu (27/3/2021) jam setengah 4 petang. Awalnya hujan kencang. Sekitar jam 5 petang jembatan putus setengah lebih. Setelah itu sekitar jam 8 malam putus keseluruhan,” tutur Kades Karas, Murgiyanto, Minggu (27/3/2021).

Baginya, jembatan Sumbertowo ialah salah satunya akses calo Desa Sumbertowo dan Desa Karas. Tidak hanya itu, jembatan itu pula jadi salah satunya akses ekonomi masyarakat.” Ini akses utama masyarakat, sudah layuh keseluruhan saat ini,” paparnya.

Lanjutnya, salah satunya jalur pengganti masyarakat Desa Sumbertowo ialah menapaki bengawan.” Pengganti sementara melalui bengawan. Jika situasi banjir tak dapat kemana- kemana,” ucapnya.

Jembatan sejauh 30 meter dengan luas 5 meter dan daya 8 meter itu sudah berumur lebih dari 45 tahun. Hujan kencang dengan keseriusan besar jadi salah satu pemicu putusnya jembatan itu.

” Aku berambisi terdapat dorongan dari penguasa untuk pembangunan jembatan. Karena memerlukan biaya besar, jika cuma dari dusun tidak sanggup,” ekstra Murgiyanto.

Sementara itu, Kalaksa BPBD( Badan Penyelesaian Musibah Wilayah) Magetan Ari Budi Santosa mengatakan jembatan itu ialah akses pergi masuk salah satunya di pedukuhan itu. Alhasil, jembatan menginginkan penindakan kilat dari Pemkab Magetan. Ataupun sangat minimun terdapat jembatan sementara.

” Jembatan ini amat vital, saat ini kita jalani assesment untuk kita laporkan pada Bupati. Dan tahap apa yang akan kita ambil esoknya,” tutupnya. (ser)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button