Jelang IATC 2021, Bea Cukai Beri Kemudahan Kedatangan 27 Superbike di Pelabuhan Tanjung Perak

JagatBisnis.com –  Menjelang pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang akan berlaga di Sirkuit Pertamina Mandalika, November 2021 mendatang, sejumlah 27 Superbike Honda NSF250R beserta atributnya tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada Kamis, 14 Oktober 2021. Bea Cukai Tanjung Perak kemudian memberikan pelayanan atas pemasukan barang dalam rangka acara Idemitsu Asia Talent Cup 2021 tersebut menggunakan fasilitas ATA Carnet.

Perlu diketahui, Admission Temporaire-Temporary Admission (ATA) Carnet merupakan dokumen yang berfungsi sebagai pemberitahuan pabean untuk beberapa jenis barang seperti barang pameran atau pekan raya, barang profesional, barang tujuan pendidikan atau keilmuan, dan tujuan kemanusiaan. Dengan menggunakan ATA Carnet ini, pengimpor dalam hal ini peserta perlombaan diizinkan mengimpor kendaraan, dengan catatan setelah berakhirnya perlombaan maka dilakukan ekspor kembali.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Sodikin, mengatakan penggunaan ATA Carnet terhadap importasi kendaraan bermotor ini sebagai wujud pelayanan prima dalam proses kepabeanan yang berlangsung. Diharapkan dengan dukungan yang telah diberikan, pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 dapat berjalan dengan lancar sehingga mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia sebagai salah satu strategi pemulihan ekonomi nasional

“Kami harap dengan berjalan lancarnya proses kepabeanan yang kami berikan, maka akan mendatangkan manfaat bagi sektor pariwisata nantinya. Kami bersiap-siap untuk mulai menyambut helatan internasional seperti ini dan akan kami berikan pelayanan secara maksimal,” tutur Sodikin.

Kejuaraan IATC sendiri akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 12 -14 November 2021 mendatang. Sebagai informasi, Asia Talent Cup merupakan kompetisi balap motor yang bertujuan mengasah skill para pembalap muda dari penjuru benua Asia. Kejuaraan ini juga akan menjadi kejuaraan balap motor pertama yang akan mencicipi sirkuit Mandalika.

“Kami akan terus memberikan dukungan atas segala bentuk strategi pemulihan ekonomi nasional yang dicanangkan pemerintah. Dengan adanya penyelenggaraan acara internasional seperti ini, kami selaku pelaksana tugas pengawasan di bidang kepabeanan akan memberikan pelayanan yang maksimal. Sehingga nantinya, akan memudahkan dan memperlancar segala perhelatan yang dilaksanakan,” tutup Sodikin.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button