Jangan Panik, Begini Cara Lacak HP Hilang Lewat WhatsApp

JagatBisnis.com –  WhatsApp alias WA, bukan sekadar aplikasi pesan instan saja. WA juga memiliki kemampuan untuk melacak HP yang bilang.

Semua itu berkait fitur Live Location atau Lokasi Terkini yang ada di dalamnya. Dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan lokasi secara real time selama periode waktu tertentu kepada teman atau keluarga.

Berita Terkait

Namun, untuk menggunakan fitur ini untuk melacak HP yang hilang, ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Syarat yang utama adalah HP yang hilang dan HP yang digunakan untuk melacaknya sudah terpasang aplikasi WA.

Selanjutnya, pastikan Anda sudah membagikan lokasi terkini sebelumnya. Anda bisa melakukan ini secara berkala kepada orang terpercaya, misalnya pasangan atau keluarga. Ini sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu Anda kehilangan HP.

Berikut ini langkah yang Anda harus lakukan untuk melacak HP hilang menggunakan fitur Lokasi Terkini di WA.

– Buka aplikasi WhatsApp, mulai obrolan dengan teman, keluarga atau grup.
– Klik ikon Lampiran, berbentuk penjepit kertas yang terletak di bagian kanan bawah. Lalu, pilih ikon Lokasi.
– Klik opsi Share Live Location atau Berbagi Lokasi Terkini. Tentukan berapa lama durasi Anda ingin berbagi lokasi terkini, pilihannya 15 menit, 1 jam atau 8 jam.
– Klik tombol Kirim atau Send untuk membagikan lokasi terkini. Saat HP berpindah, maka lokasinya yang terbaca di fitur tersebut akan mengikuti perpindahan HP. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button