Istri Kartel Narkoba Asal Meksiko Diringkus

JagatBisnis.com – Istri dari atasan kartel narkoba kategori kakap asal Meksiko yang terkenal, Joaquin El Chapo Guzman Loera, dibekuk dengan dakwaan terkait perdagangan narkoba global.

Pihak berhak membekuk Emma Coronel Aispuro, yang berkewarganegaraan dobel Amerika Serikat- Meksiko, pada Senin durasi setempat di Lapangan terbang Global Dulles di Washington DC.

Istri El Chapo dituduh ikut serta dalam konspirasi untuk megedarkan obat- obatan semacam kokain, metamfetamin, heroin dan cimeng di AS. Ia pula dituduh menolong merancang pelarian Guzman Loera tahun 2015 lalu dari bui di Meksiko, dan kembali menolong merancang pembobolan bui saat suaminya kembali dibekuk pada tahun 2016.

Guzman Loera dihukum di majelis hukum federal di New York pada tahun 2019. Karena mengetuai Kartel Sinaloa, yang sempat diucap FBI sebagai kemitraan perdagangan narkoba sangat produktif di bumi, dan dijatuhi ganjaran bui sama tua hidup.

Bagi akta majelis hukum, Aispuro dicurigai berkomplot dengan memberikan 1. 000 kilogram ataupun lebih cimeng, 500 gram sabu- sabu ataupun lebih, dan 5 kilogram ataupun lebih kokain.

Statment tercatat dari agen FBI yang ikut serta dalam permasalahan kepada Aispuro mengatakan, lebih banyak perinci tentang kerangka belakangnya. Bagi akta itu, bapaknya dipercayai sebagai anggota kartel Sinaloa, dan papa dan kerabat laki- lakinya telah dibekuk di Meksiko atas dakwaan narkotika dan senjata api.

Bagi memo FBI, Aispuro berkembang dengan wawasan tentang pabrik perdagangan narkotika. Ia menikahi El Chapo dengan wawasan penuh tentang bidang profesinya kala ia masih anak muda. Dari perkawinan itu, pendamping bos narkoba itu memiliki anak sebandung wanita. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button