Ini Dampaknya Jika Penurunan Testing COVID-19 di Akhir Pekan

JagatBisnis.com – Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengakui terjadi penurunan jumlah testing COVID-19  di akhir minggu menyebabkan pengecekan ilustrasi dalam sebagian hari terakhir jadi menurun.

” Ada sebagian mungkin yang menyebabkan menyusutnya jumlah ilustrasi yang diperiksa, semacam penyusutan testing di akhir minggu atau delay input yang berawal dari makmal ke dalam sistem informasi,” tutur Pendeta dalam skedul Keterangan Pers yang dipantau dengan cara virtual dari Jakarta, Selasa petang.

Pendeta mengatakan penguasa tetap berkomitmen tingkatkan kapasitas usaha testing, tracing dan pengobatan( 3T) dengan cara totalitas dengan berkoordinasi dan menyediakan penguasa wilayah untuk mencapai sasaran di masing- masing wilayah.

Komitmen itu, tutur Pendeta, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negara Nomor Instruksi Mendagri Nomor 15 tahun 2021 tentang penentuan PPKM Gawat Jawa- Bali.

Sesuai ketentuan itu dipaparkan kalau sasaran testing setiap kabupaten atau kota untuk positivity rate kurang dari 5 persen, hingga perbandingan uji minimun 1 per 1. 000 penduduk per minggu.

Untuk wilayah dengan positivity rate 5- 15 persen, hingga perbandingan tesnya merupakan 5 per 1. 000 penduduk per minggu. Sementara untuk positivity rate 15- 25 persen perbandingan test merupakan 10 per 1. 000 penduduk per minggu.

Wilayah dengan positivity rate lebih dari 25 persen ataupun lebih, perbandingan uji merupakan 15 per 1. 000 penduduk per minggu.

Berdasarkan informasi setiap hari permasalahan yang dilansir dari informasi Satgas Penindakan COVID- 19, nilai pengecekan ilustrasi di Indonesia pada Minggu, 18 Juli 2021 di kisaran nilai 193. 437 ilustrasi dan pada Senin, 19 Juli 2021 berkisar 160. 686 ilustrasi yang diperiksa.

Nilai itu mengalami penyusutan bila dibanding jumlah pengecekan ilustrasi yang mencakup belai PCR, Antigen dan uji kilat molekuler pada Sabtu, 17 Juli 2021 mencapai 251. 392 ilustrasi.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button