Ini Alasannya Kenapa Beras Harus Direndam Dulu Sebelum Dimasak

JagatBisnis.com –  Menggenangi beras saat sebelum memasaknya dalam durasi yang lumayan lama, amat berarti dilakukan. Bagi ahli vitamin sekalian pengarang, Rujuta Diwekar, menggenangi beras saat sebelum dimasak bisa menolong mengasimilasi mutu vitamin, tingkatkan saluran pencernaan, dan lebih efisien dalam meresap vit dan mineral dari beras.

Tidak hanya itu, beras yang direndam terlebih dulu akan matang lebih kilat dan lebih berkembang, alhasil memungkinkannya untuk menjaga aroma dari nasi.

Sementara bagi Manasollasa, cerpenis Sansekerta besar dini pada dini era ke- 12, mengatakan, membersihkan dan menggenangi beras ialah tahap berarti, karena bisa menolong melenyapkan susunan yang tidak di idamkan dan membuat nasi jadi lebih halus dan berkembang.

Menggenangi beras pula bisa memesatkan cara memasak, karena setiap butirnya telah meresap air dan panasnya akan terus menjadi melunakkan setiap biji berasnya, demikian semacam diambil Times of India.

Melenyapkan asam fitat

Menggenangi beras pula bisa melenyapkan asam fitat, ialah zat yang terdapat pada bulir tumbuhan yang bisa mengusik absorbsi zat besi, seng dan kalsium dalam badan. Sebuah riset menguak, zat itu pula ditemukan dalam jumlah yang besar pada jenis kacang- kacangan dan kacang- kacangan.

Pada dasarnya, asam fitat merupakan bagian penyimpana fosfor dalam biji- bijian dan mengakhiri absorbsi mineral. Menggenangi beras dalam air, bisa menolong melenyapkan asam fitat itu.

Oleh karena itu, untuk banyak orang yang menderita kekurangan seng dan zat besi, dianjurkan untuk mengawali kebiasaan menggenangi beras terlebih dulu saat sebelum memasaknya.

Jenis beras yang baik untuk direndam

Beras yang berukuran lebih pendek bagus untuk direndam dan ini yang lazim digunakan di Indonesia. Sedangkan beras basmati yang berbiji jauh tidak bagus untuk direndam, karena menggunakan tata cara absorbsi dalam memasak dan merendamnya akan mempengaruhi teksturnya.

Berapa lama menggenangi beras?

Bagi sebuah riset, beras cokelat, gelap dan merah yang tidak dipoles wajib direndam selama 6- 12 jam, dan beras merah yang telah dipoles wajib direndam selama 4- 6 jam. Beras ketan sangat bagus direndam semalam suntuk. Sementara beras basmati, lebih bagus direndam selama 15- 20 menit saja.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button