Ini Alasan Washington Usir 24 Diplomat Rusia

JagatBisnis.com –  Delegasi Besar Rusia untuk Amerika Sindikat Anatoly Antonov mengatakan Washington telah meminta 24 duta Rusia untuk meninggalkan negeri itu, sangat lelet 3 September, setelah era legal izin habis.

Dubes Antonov tidak mengatakan apakan permohonan AS itu berhubungan dengan sesuatu bentrokan khusus.

” Hampir seluruh dari mereka akan berangkat tanpa terdapat pengganti karena Washington seketika memperketat metode pemberian izin,” tutur Antonov dalam tanya jawab dengan majalah National Interest, yang keluar pada Minggu, 1 Agustus 2021.

Penguasa Rusia dan AS telah demikian lama berlainan pemikiran pertanyaan berbagai masalah.

Ikatan kedua negeri pula terus menjadi merosot setelah Kepala negara AS Joe Biden mengatakan kalau beliau percaya Kepala negara Rusia Vladimir Putin merupakan pembunuh.

Ketegangan luang menyusut usai Biden bertemu dan melakukan dialog dengan Putin pada 16 Juni.

Pertemuan itu bahkan membidik pada kembalinya gerakan anggaran dari sejumlah penanam modal asing ke surat pinjaman penguasa Rusia.

” Kita berambisi ide segar akan berhasil dan kita dapat memperbaiki keberadaan duta Rusia dan Amerika di Amerika Sindikat dan Rusia berdasarkan prinsip timbal balik,” tutur Antonov.

Dubes Rusia pula mengatakan beliau berambisi kalau perbincangan yang dimulai baru- baru ini antara AS dan Rusia– soal masalah keamanan bumi maya– akan bersinambung.

” Sebagai opsi, kita dapat berdebat menyangkut bahaya siber kepada sistem pengaturan persenjataan, dan lain- lain.”

Sementara itu, Unit Luar Negara AS pada Senin, 2 Agustus 2021 melaporkan deskripsi dubes Rusia itu pertanyaan 24 duta Rusia, terkait izin AS yang basi, tidak cermat.

Ahli ucapan Deplu AS Ned Price saat rapat pers mengatakan para duta Rusia” dapat mengajukan permohonan perpanjangan” izin mereka dan” permohonan itu ditinjau berdasarkan permasalahan per permasalahan.”(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button