Indonesia Terima 273,6 Juta Dosis Vaksin COVID-19

JagatBisnis.com –  Indonesia kembali menyambut 1 juta takaran vaksin Sinovac dorongan penguasa Cina plus 1 juta takaran vaksin bonus dari produsen Sinovac dengan cara free pada Jumat (24/9/2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kalau sampai 24 September 2021, Indonesia telah mengamankan keseluruhan 273. 603. 790 takaran vaksin COVID- 19.

” Dengan kedatangan- kedatangan vaksin ini hingga di titik kehadiran, keseluruhan vaksin yang telah datang di Indonesia berjumlah 273. 603. 790 takaran, bagus dalam wujud vaksin jadi ataupun vaksin curah,” tutur Retno saat menyampaikan keterangan pers dengan cara virtual tentang kehadiran vaksin itu, Jumat siang.

Sebelumnya pada 21 September 2021, Indonesia pula menyambut 200. 000 takaran vaksin jadi Sinovac dari Red Cross Society di Cina.

Menlu Retno melafalkan dapat kasih pada Cina atas sokongan dan kegiatan serupa dalam logistik vaksin, seraya menerangkan kalau mesin kebijaksanaan Indonesia akan lalu bertugas untuk penuhi kebutuhan vaksin di dalam negara.

Tidak hanya itu, Menlu Retno kembali menerangkan statment Kepala negara Joko Widodo di Sidang Biasa PBB kalau penyembuhan ekonomi cuma bisa dilakukan jika kita bisa menanggulangi endemi dengan cara bersama.

” Endemi cuma dapat ditangani jika kita bisa mempersempit kesenjangan akses kepada vaksin,” ucapnya.

Menlu Retno melaporkan kalau catatan yang serupa pula disampaikan Kepala negara Jokowi dalam KTT Garis besar COVID- 19 Summit. Kepala negara, tutur Retno, berambisi politisasi vaksin segera diakhiri.

” Kepala negara Republik Indonesia mengatakan kesenjangan vaksin dampingi negeri wajib ditangani melalui COVAX Facility, kegiatan serupa dose sharing dan akses yang menyeluruh kepada vaksin wajib ditingkatkan,” ucap Retno.

Sementara itu, Delegasi Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian menjelaskan kalau donasi vaksin itu ialah usaha penguasa Cina untuk mendukung peperangan Indonesia melawan COVID- 19.

Agustus lalu, Cina telah mengamalkan 120 ventilator, 400 generator zat asam, dan cadangan kedokteran yang lain untuk Indonesia.

” Di dasar kepemimpinan kokoh Kepala negara Joko Widodo dan usaha bersama orang Indonesia, Cina yakin kalau Indonesia akan mengalahkan endemi secepatnya dan memperbaiki pembangunan ekonomi dan sosial,” tutur Dubes Xiao Qian. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button