Indonesia-Singapura Kerjasama Perlindungan bagi Pelaku Perjalanan

JagatBisnis.com – Pemerintah menjalin kerja sama dengan Singapura untuk mempersiapkan langkah antisipasi importasi kasus Covid-19. Kerjasama itu melalui program vaccinated travel lane (VTL) bagi pelaku perjalanan luar negeri.

“Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan kementerian atau lembaga lainnya serta pemerintah Singapura untuk melakukan pembahasan mengenai VCL,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, Kamis (4/11/2021)

Dia menjelaskan, VTL merupakan program perlindungan bagi pelaku perjalanan luar negeri yang telah memiliki bukti vaksinasi dosis lengkap. Calon wisatawan harus merupakan penduduk dari negara yang melakukan kerja sama VTL.

“Tidak tertutup kemungkinan kerja sama VTL juga dibangun dengan negara lainnya, dengan tetap mempertimbangkan berbagai hal, seperti kondisi kasus dan juga aspek sosial ekonomi antarnegara. Adapun pemerintah berupaya menjalin kerja sama antaranegara, antara lain mutual recognition agreement yang terkait dengan pengakuan sertifikat vaksin, travel corridor arrangement dan VTL,” terang Wiku.

Menurut Wiku, hal itu merupakan upaya pemulihan aktivitas masyarakat dengan tetap bertumpu pada kesepakatan atas standar protokol kesehatan yang jelas dan transparan. Sehingga ruang importasi kasus dapat diantisipasi dengan baik. Seperti Bali yang akan menjadi tempat beberapa kegiatan internasional.

“Nantinya sistem gelembung atau bubble akan kembali diterapkan dengan mekanisme partisipan hanya akan berkegiatan di titik-titik yang sudah ditentukan oleh panitia, yaitu seperti hotel, tempat pelatihan dan tempat pertandingan. Selain itu, seluruh pihak yang beraktivitas di dalamnya sudah melalui screening kesehatan yang tepat,” pungkasnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button