Indonesia Incar 1.000 Kuota Haji 2021 untuk Ekspatriat di Arab Saudi

JagatBisnis.com – Indonesia mengincar 1000 kuota untuk warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Arab Saudi mendapatkan jatah untuk bisa melakukan ibadah haji. Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

“Kita sedang upayakan agar dapat kuota 1000 WNI yang sedang bermukim di Saudi bisa berhaji tahun ini. Tahun lalu hanya puluhan,” ujar Agus dalam keterangannya, Sabtu (12/6/2021).

Berita Terkait

Agus menjelaskan bahwa WNI yang mendapat jatah haji nantinya akan mendapatkan seluruh fasilitas dari Pemerintah Arab Saudi.

“Ekspatriat yang lolos berhaji akan mendapat semua fasilitas gratis dari pemerintah saudi,” ungkapnya.

Semua fasilitas itu nantinya, kata Agus, akan ditanggung seluruhnya oleh Pemerintah Arab Saudi

“Hotel/penginapan, konsumsi, akomodasi dll semua ditanggung,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Coumas mengumumkan bahwa pelaksanaan haji 2021 batal. Kebijakan tersebut diambil setelah menerima informasi dari Kerajaan Arab Saudi.

“Pemerintah Arab Saudi belum membuka layanan haji,” ujarnya dalam konferensi pers pada Kamis (3/6/2021).

Gus Yaqut sapaan akrabnya, menyatakan ibadah Haji 2021 resmi dibatalkan, dengan pertimbangan pandemi Covid-19 masih belum terkendali.

“Kami pemerintah melalui Kemenag, menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021, tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji 2021,” kata Gus Yaqut.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button