Indonesia Diproyeksi Swasembada Gula Konsumsi pada 2025

JagatBisnis.com – Produksi gula konsumsi hingga Oktober 2021 telah mencapai 2,35 juta ton. Hal itu terjadi karena luasan lahan perkebunan tebu juga mengalami peningkatan dari 421 ribu hektare pada tahun lalu menjadi 447 ribu hektare pada 2021. Sehingga target produksi gula konsumsi nasional tahun ini bisa tercapai, yaitu sebanyak 2,4 juta ton.

“Kami optimistis industri gula konsumsi nasional dapat mencapai target produksi 2,4 juta ton sepanjang tahun ini,” kata Sekretaris Eksekutif Asosiasi Gula Indonesia Dwi Purnomo Putranto, dalam keterangan, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, dengan capaian angka tersebut, maka pada 2025 Indonesia sudah mencapai swasembada gula konsumsi. Apalagi, data Kementerian Perindustrian, menyebutkan, kebutuhan gula nasional saat ini mencapai 6 juta ton per tahun. Kebutuhan itu terdiri atas 2,7 hingga 2,9 juta ton gula konsumsi, dan 3 hingga 3,2 juta ton gula industri.

“Untuk mencapai target itu, industri gula harus meningkatkan produktivitasnya dengan pemberdayaan di sisi hulu. Karena hadirnya pabrik-pabrik baru, khususnya di Jawa Timur tidak dibarengi dengan perluasan kapasitas produksi bahan baku tebu,” pungkasnya. (*/eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button