Indodax Dukung BI Bikin Uang Rupiah Digital

JagatBisnis.Com – Langkah pemerintah melalui Bank Indonesia yang berencana membuat rupiah digital atau central bank digital currency, sebagai upaya membesarkan ekosistem digitalisasi di Indonesia dinilai sebagai hal positif.

CEO Indodax Oscar Darmawan, mengatakan, langkah tersebut sangat baik. Karena bisa menjadi langkah untuk meningkatkan dan membesarkan sistem keuangan digital.

Berita Terkait

”Jika nanti BI membuat mata uang digital justru malah baik, karena bisa ikut membesarkan ekosistem digital. Prinsipnya, digitalisasi hadir sebagai solusi atas permasalahan yang selama ini terjadi. Dalam hal ini, digitalisasi akan dapat menyempurnakan ekosistem finansial,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (27/2/2021).

Menurut dia, pemerintah mengembangkan sistem keuangan digital yang dapat dijangkau dengan mudah, dan oleh siapa saja adalah langkah yang sangat baik. Implementasi ini akan mengedepankan prinsip efisiensi, transparan dan keamanan transaksi.

Oscar Darmawan juga meyakini bahwa central bank digital currency hadir untuk meningkatkan literasi keuangan digital. Sehingga Indonesia tidak ketinggalan dengan negara lain di bidang mata uang digital.

Dalam penerapannya nanti, lanjutnya, pemerintah Indonesia juga bisa mempertimbangkan mengadopsi sistem blockchain, Apalagi sistem ini diyakini dapat menjadi solusi yang lebih efisien, lebih transparan dan lebih aman, sebagaimana keunggulan yang dihadirkan sistem itu.

Sebelumnya Bank Indonesia menyatakan bahwa central bank digital currency diciptakan juga dan menyatakan Bitcoin dan kripto bukan sebagai alat pembayaran di Indonesia. Oleh karena itu Bank Indonesia hanya menggunakan Rupiah sebagai alat pembayaran. (hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button