IDI: Gelombang Tiga Covid-19 Mungkin Sudah Lewat

JagatBisnis.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi gelombang ketiga Covid-19 kemungkinan sudah dilalui Indonesia. Prediksi itu kemungkinan benar, jika pada Desember mendatang tak ada lonjakan kasus Covid-19. Artinya, gelombang ketiga sudah terjadi pada Juli lalu.

Demikianlah dikatakan Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar (PB IDI) Adib Khumaidi
dalam webinar Tim Mitigasi IDI, Sabtu (16/10/2021$.

Menurut Adib, ada beberapa prediksi yang menyebutkan kemungkinan gelombang ketiga Covid-19 sebenarnya terjadi pada Juli 2021. Sementara, gelombang kedua terjadi pada Agustus tahun lalu. Namun Adib tak merinci kapan gelombang pertama Covid-19 terjadi di Indonesia berdasarkan catatan Tim Mitigasi IDI.

“Beberapa pakar miliki pendapat yang berbeda. Tapi sebenarnya kita sudah melalui gelombang ketiga. Karena gelombang 2 sudah masuk Agustus tahun lalu. Jadi di bulan Juli kemarin sudah masuk gelombang 3,” ujar Adib.

Meski demikian, Adib meminta setiap tenaga kesehatan tetap waspada dan meningkatkan perlindungan diri. Karena, dengan persiapan yang matang, risiko terburuk berupa banyaknya tenaga kesehatan berguguran bisa dihindari.

“Kami yakin, jika kita tetap menjaga kewaspadaan, mudah-mudahan tidak ada lagi teman sejawat, guru-guru kita yang meninggal saat terjadi lonjakan kasus nanti,” tutupnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button