Hore, Pegawai Bea Cukai Sudah Divaksin COVID-19

JagatBisnis.Com – Sebanyak 3.852 pegawai Bea Cukai melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta, Senin (1/3/2021). Tercatat 1.560 orang pegawai Bea Cukai menerima vaksinasi di hari pertama penyelenggaraan.

“Untuk kick off ini kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaksanakan pemberian vaksinasi kepada para pegawai yang bertugas di DKI Jakarta terlebih dahulu, karena pertimbangan Jakarta menjadi daerah prioritas akibat status zona merah Covid-19,” ungkap salah seorang anggota Satgas COVID-19 Bea Cukai, Suryo Dipoyono.

Pendataan seluruh pegawai Bea Cukai yang akan menerima vaksin menurut Suryo telah dilaksanakan oleh tiap-tiap satuan kerja Bea Cukai sejak bulan Desember 2020. Pada 10 Februari 2021, Satgas COVID-19 Bea Cukai menyetorkan data 56.385 pegawai yang diprioritaskan untuk menerima vaksin ke Kemenkes, disusul penyerahan data 3.825 pegawai di DKI Jakarta ke Dinkes DKI Jakarta pada 19 Februari 2021.

Untuk seluruh pegawai Bea Cukai yang bertugas di DKI Jakarta, Suryo mengatakan pemberian vaksinasi terpusat di Kantor Pusat Bea Cukai,

“Seluruh pegawai di Kantor Pusat Bea Cukai, Bea Cukai Tanjung Priok, Bea Cukai Jakarta, Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta, Balai Laboraturium Bea Cukai Jakarta, Bea Cukai Marunda, dan Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Priok semua menerima vaksin di kantor pusat dari tanggal 1-4 Maret 2021,” katanya.

Di hari yang sama, juga dilaksanakan pemberian vaksinasi kepada para pejabat eselon II dan I Kementerian Keuangan yang bertugas di DKI Jakarta, berlokasi di Gedung Djuanda Kementerian Keuangan dan Kantor Pusat Ditjen Pajak. Lalu, untuk pejabat dan pegawai Bea Cukai di luar DKI Jakarta direncanakan pemberian vaksinasi dosis pertama pada tanggal 4-11 Maret 2021.

“Untuk kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di daerah pelaksanaanya akan dikoordinasikan dengan kantor perwakilan Kementerian Keuangan setempat. Jangka waktunya pun dapat dikoordinasikan dengan dinas kesehatan setempat, karena dari Kementerian Kesehatan pun didistribusikan kepada dinkes provinsi masing-masing,” jelas Suryo.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang hadir dalam kick-off pelaksanaan vaksin di Kantor Pusat Bea Cukai mengingatkan seluruh pegawai Bea Cukai yang telah menerima vaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Anda semua telah diprioritaskan untuk menerima vaksin agar tetap dapat melaksanakan tugas-tugas negara dengan baik. Tidak berarti, setelah menerima vaksin kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan tanpa mengindahkan protokol kesehatan. Tolong tetap dijaga protokol kesehatannya. Turunnya kasus Covid-19 di Indonesia adalah karena banyak orang yang semakin sadar dengan protokol kesehatan,” ucap Sri Mulyani.

Hingga saat ini, Bea Cukai telah mengasistensi importasi vaksin Covid-19 sebanyak empat kali. Dengan kelancaran proses importasi diharapkan dapat membantu proses pemberian vaksin secara bertahap kepada seluruh lapisan masyarakat.(hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button