Hobi Koleksi Sepatu Sneakers, Ini Jenis Desain yang Perlu Kamu Tahu

jagatBisnis.com – Sepatu merupakan perlengkapan atau aksesoris fashion yang sudah melekat dalam keseharian. Lebih dari itu, model dan merek sepatu juga dapat mewakili identitas pemakainya. Belakangan, sepatu sneakers semakin hype dengan berbagai model dan desain yang semakin banyak serta teknologi material sepatu juga semakin beragam.

Menilik perkembangan desain sepatu sneakers di dunia, pada tahun 1970 sepatu hanya digunakan untuk perlengkapan olahraga seperti olahraga lari. Namun kemudian berkembang hingga menjadi opsi pelengkap pakaian jalanan yang menarik untuk digunakan.

Kepopuleran sepatu sneaker tersebut ditandai ketika Michael Jordan mengenakan sepatu kontroversial yang seharga $65 ketika bermain NBA. Hal itu menjadi simbol pemberontakan kaum muda kala itu ketika mengenakan sepatu sneakers.

Desain sneakers kian berubah mengikuti perkembangan zaman. Desain baru dengan colorways muncul dan diperkenalkan setiap harinya. Namun pada umumnya, desain sneaker dengan beberapa siluet klasik tetap berbeda dan menjadi desain yang everlasting. Mengutip dari lamarn sneaker.co.id berikut jenis desain sepatu sneakers yang perlu untuk diketahui.

Sepatu sneakers original (OG)

Desain yang memamerkan siluet baru dikenal dengan sebutan “OG”. Tergantung konsumen mau menerima atau tidak, tapi biasanya kerap memicu munculnya koleksi baru. Terlihat banyaknya, dari sepatu vintage yang terinspirasi dari model-model yang telah lama diluncurkan. Bahkan dengan perkembangan teknologi modern, perusahaan sepatu dapat mengembangkan desain yang belum pernah terlihat sebelumnya.

OG biasanya model sepatu yang baru dirilis setelah menunggu waktu sepuluh tahun dari peluncuran model pertamanya. Namun, dari beberapa merek sudah memperkenalkan edisi OG tersebut dengan mengusung colorway asli, setelah model aslinya rilis beberapa tahun sebelumnya.

Sneakers retro

Model retro pada sepatu sneakers kerap diluncurkan kembali berkat permintaan yang meningkat. Desainnya dicirikan dengan menggunakan warna asli sepatu dan dibuat dengan bahan yang lebih premium. Bahkan terdapat perubahan dalam desain tersebut walaupun hanya perubahan kecil. Sebagian besar, desain retro ini dirilis lima tahun setelah pembukaan siluet OG.

Sneakers kolaborasi

Jenis desain kolaborasi dimaksudkan untuk memberikan kehidupan baru maupun model baru dari sepatu sneakers. Kolaborasi tersebut bisa dilakukan bersama atlet pro, artis, musisi, toko papan atas dan sejenisnya. Dalam perilisannya, bisanya langsung hyped dan diproduksi dengan jumlah terbatas serta harga yang lebih tinggi. Dan kerap sepatu jenis ini menjadi favorit sebagian orang.

Sneakers edisi khusus desainer

Terakhir, desain edisi khusus ini biasanya dibuat sangat terbata dan handmate, sehingga harganya begitu tinggi. Sepatu sneakers ketika memasuki kelas sosial atas dan bermitra dengan para perancang busana terkenal seperti Yohiji Yamamoto, Stella McCartney atau yang lainnya dalam sekejap dapat mengubah barang tersebut menjadi barang mewah. Jadi wajar jika, sepatu sneakers dengan desain khusus ini dihargai sangat tinggi ketimbang desain-desain pada umumnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button