Gurihnya Kripik Tempe Kediri Merambah Pasar Ekspor

jagatBisnis.com – Meskipun berada di tengah pandemi, tak membatasai Bea Cukai untuk menjalankan fungsinya sebagai trade facilitator. Seperti Bea Cukai Kediri yang mempunyai program untuk berperan aktif dalam menggiatkan perekonomian IKM.

Hal ini diwujudkan dengan pemberian asistensi, edukasi serta fasilitas instalasi Pengolahan Data Elektronik (PDE) Internet pada PT. Bala Aditi Pakuaty, yang berlokasi di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri pada Senin (23/11). Hadir dalam kegiatan tersebut, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, Hendratno Argosasmito.

Hendratno menyampaikan segala sesuatu yang berkenaan dengan tata laksana ekspor, mulai dari persyaratan dan juga masalah perizinan. “Kami berharap, PT Bala Aditi Pakuaty mampu melakukan ekspor secara mandiri dengan fasilitas PDE Internet. Karena submit dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang dapat dilakukan mandiri,” ujar Hendratno.

PT. Bala Aditi Pakuaty mempunyai produk kripik tempe dengan merk Pakuaty yang sudah merambah pangsa ekspor ke negara-negara di timur tengah. Tempe merupakan produk makanan hasil dari fermentasi kedelai yang telah menjadi hidangan umum masyarakat Indonesia. Tempe bisa diolah menjadi berbagai rasa dan jenis makanan, mulai dari tempe goreng klasik, tempe mendoan, tempe penyet hingga diolah menjadi kudapan berupa kripik tempe.

Billy sebagai pemilik produk sangat mengapresiasi langkah Bea Cukai Kediri dalam mendukung IKM dengan memberikan asistensi dan edukasi berkaitan dengan ekspor. “Saat ini sudah ada pesanan dari beberapa negara di Timur Tengah, dan dengan adanya asistensi dan fasilitas yang kami terima, maka dalam melaksanakan ekspor akan lebih mudah,” ujar Billy.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button