Google Sumbang Rp427 Miliar untuk Perangi Hoaks

JagatBisnis.com – Google berencana mengelontarkan dana sebesar Rp427 miliar untuk memerangi hoaks. Dana itu akan diberikan untuk Badan Informasi dan Media yang baru dibentuk oleh Calaouste Gulbenkian Foundation dan European University Institute. Dana tersebut akan diberikan secara bertahap selama 5 tahun.

“Nantinya dana itu akan digunakan untuk penelitian terkait disinformasi maupun memperkuat literasi digital dan lembaga pemeriksa fakta,” ungkap Kepala Bisnis & Operasi EMEA Google, Matt Brittin, yang dikutip dari blog resminya, Senin (5/4/2021).

Matt menjelaskan, sedikitnya ada 10 negara akan telah mendaftar untuk pelatihan literasi media secara online sejauh ini. Keputusan ini diambil setelah banyaknya kritik yang dilontarkan kepada berbagai perusahaan teknologi raksasa yang seolah tidak melakukan apa pun untuk mengatasi disinformasi online.

“Banyak ketidakpastian dan tantangan yang kami lihat sejak tahun lalu. Jadi semakin bagi masyarakat untuk mengakses informasi yang akurat dan menyortir fakta dari fiksi,” ujarnya.

Menurut Matt, tahun 2020 hoaks memang semakin meningkat jumlahnya. Hal ini tak lepas dari adanya pandemi Covid-19 dan juga Pemilihan Umum di Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lainnya. Sehingga sejumlah masyarakat menyalahkan pihak media sosial yang tidak lebih proaktif dalam menghambat dan mengatasi isu ini.

“Sedangkan sejumlah pembuat kebijakan mengindikasikan, mereka akan melakukan aksi yang lebih ekstrem terkait pembatasan. Setelah menghadapi ketidakpastian dan berbagai tantangan yang terjadi tahun lalu, sebuah bukti nyata telah muncul bahwa sangat penting bagi orang untuk dapat mengakses informasi yang akurat dan memilah fakta dari fiksi,” pungkas Matt. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button