Gerakan 528 Kantong Darah untuk Sesama, KolaborAksi DDV bersama PMI Jabodetabek

JagatBisnis.com –  Masih dalam rangkaian Milad ke-28 tahun, Dompet Dhuafa menebar kebaikan dalam gerakan Kolaboraksi 528 Kantong Darah untuk Sesama. Ya, berkolaborasi bersama Palang Merah Indonesia (PMI), aksi donor darah tersebut digelar oleh para relawan muda yang tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) di 5 (lima) titik Jabodetabek.

Sejak Sabtu, 3 Juli 2021, aksi 528 donor darah pertama bergulir bersamaan di dua lokasi, yaitu PMI Kota Tangerang Selatan dan PMI Kota Bekasi. Kemudian di PMI Jakarta Selatan, hari ini, Selasa, 6 Juli 2021. Selanjutnya pada Rabu, 7 Juli 2021, di PMI Cibinong, Kabupaten Bogor, dan ditutup pada Kamis, 15 Juli 2021 di PMI Kota Depok.

Koordinator DDV pada Aksi 528 Donor Darah, Fety, mengatakan, gerakan itu dilakukan sebagai upaya stok darah kembali stabil untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Pun sebelum di masa pandemi Corona.

“Aksi kebaikan bergulir pada momen Milad Dompet Dhuafa, Tterlebih di masa pandemi Corona yang berkepanjangan, membuat stok darah di PMI semakin menipis. Padahal, kebutuhan kantong darah tetap ada,” sebut Fety, Selasa (6/7/2021) pagi.

Nila (30), salah satu pendonor, mengaku bahwa hal ini bukan yang pertama kali ia lakukan. Selama hidupnya, ia telah melakukan donor darah sebanyak 5 kali, dan 2 (dua) kali melalui Dompet Dhuafa.

“Senang aja, bisa bantu sesama lewat darah. Efeknya juga saya rasa lebih menyehatkan. Nafsu makan saya nambah kalau sehabis donor darah,” gurau Nila.

“Saya lihat info donor darah dari sosmed Dompet Dhuafa, kebetulan pelaksanaannya dekat dari rumah di daerah Mampang. Jadi saya ikutan dan ini kali kedua donor bersama Dompet Dhuafa,” aku wanita yang memiliki golongan darah B itu.

Senada dengan itu, Bani (32), seorang pendonor lain, mengaku, “Saya penyintas Covid-19 dan ikut merasakan jika banyak info terkait kekurangan darah. Dengan donor darah saya coba berbagi dari hal kecil, untuk mereka yang membutuhkan”.

DDV menggelar aksi donor darah yang dilakukan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. Dengan persyaratan Pendonor darah sebagai berikut:

1. Sehat, tidur minimal 5 jam
2. Sarapan terlebih dahulu
3. Berat badan minimal 45 kg
4. Untuk wanita tidak sedang haid, hamil, atau menyusui
5. Tidak sedang mengkonsumsi obat pengencer darah dan obat-obatan lainnya
6. Tidak memiliki resiko infeksi HIV (pemakai narkoba suntik, seks bebas, dll)
7. Tidak sedang menderita kanker, Creutzfeldi Jakob Disease, diabetes dengan terapi insulin, penyakit jantung dan pembuluh darah, infeksi menular (HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Sypilis, Malaria, Toxo Plasma, TBC, Alergi, Polycythaemia Vera)
8. Tidak bepergian ke luar negeri dalam 6 bulan terakhir
9. Memakai masker, menjaga jarak, dan mematuhi protokol kesehatan

“Oh ya, ada merchandise spesial lho untuk kakak-kakak pendonor darah. Bisa langsung aja daftar melalui tautan klik http://bit.ly/dondar528 atau hubungi contact person, Bella 0895-3646-12347,” imbuh Fety. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button