Gencar Vaksinasi Covid-19, Animo Warga Kota Bambu Utara Cukup Baik

JagatBisnis.com –  Program vaksinasi massal kian gencar dilakukan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukannya berbasis wilayah, dengan menyiapkan sentra vaksin Covid-19 hingga tingkat kelurahan.

Tentu tujuannya menjangkau lebih banyak warga yang divaksin, demi meningkatkan kekebalan komunitas (herd immunity). Serta sebagai upaya menghentikan bencana non alam, virus corona.

Lurah Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat Ina Ariyani terus mendorong warganya melakukan vaksinasi. Dengan melibatkan berbagai pihak, mulai lembaga musyawarah pada tingkat kelurahan (LMK) hingga tingkat RT/RW.

“Koordinasi dan kolaborasi dengan RT, RW, LMK, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan, kader dasa wisma (dawis) untuk mendorong warganya datang ke pos vaksin terdekat,” kata Ina Ariyani melalui gawai, Kamis (29/7/2021).

Selain itu, membuat edaran kepada sasaran calon penerima vaksin agar mereka mengetahui bahwa belum disuntik vaksin. “Menginformasikan melalui mushola dan masjid agar warga tahu lokasi pos vaksin,” tuturnya.

Sasaran kelomok vaksinasi Covid-19 di wilayah Kota Bambu Utara, Jakarta Barat telah mencapai 24.995 orang. Ssmentara belum disuntik vaksin 13.767 orang atau 55,08 persen.

“Tervaksin dosis 1 = 11.228 orang (44,92 persen), tervaksin dosis 2 = 3.011 orang,” imbuhnya.

Menurutnya, warga di wilayahnya sangat antusias mengikuti vaksinasi. Meski presentasinya masih harus ditingkatkan. Sehingga target vaksinasi di DKI Jakarta dapat terpenuhi.

“Animo masyarakat mengikuti sudah cukup baik walaupun masih di bawah 50 persen. Setiap harinya ada penambahan warga yang sudah divaksin,” tutur Ina Ariyani.

Untuk menambah target program vaskinasi, pihaknya telah menambah pos vaksin yang tersebar di beberapa wilayah. Seperti vaksin dinamis dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas dilakukan setiap hari, jam 08.00 sampai 12.00 WIB.

“Pos Vaksin Merdeka dibuka tanggal 26 Juli – 17 Agustus 2021 dengan lokasi RW 07 dan RW 09. Pos vaksin yang sekarang berjalan ada 3,” ujar Ina Ariyani .

Target vaksinasi di DKI Jakarta yang ditetapkan Presiden Joko Widodo yakni, 7,5 juta penduduk sampai akhir Agustus 2021. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis, vaksinasi di DKI Jakarta akan melampaui target itu.

Adapun vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta per hari ini, Selasa (27/7/2021), sudah mencapai 7,2 juta penduduk. Ia juga yakin Jakarta dapat memenuhi target dari presiden.

“Optimis dalam menjalankan tugas, agar terus termotivasi untuk mencapai target vaksinasi yang sudah ditetapkan,” ucap Ina Ariyani.

Tak lupa, ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa setelah melakukan vaksinasi jangan abai terhadap protokol kesehatan. Tetap menjalankan protokol kesehatan. Mencuci tangan, memakai masker dan menjauhi kerumunan.

Mengajak tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk selalu mengajak warga menjalankan prokes. Selalu mengajak RT, RW, LMK, FKDM dan kader dawis mengingatkan warga menjalankan prokes.

“Melaksanakan tertib masker di setiap wilayah, menghimbau pelaksanaan prokes melalui Mushola dan Masjid. Menempatkan tempat-tempat cuci tangan di pos RW, masjid/mushola dan disetiap RT,” tandasnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button