Gelar Webinar BAZNAS Dan BSI Penguat Keuangan Syariah Dimasa Pandemi

JagatBisnis.com – Melalui acara Pekan Kedermawanan ISEF, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) menyelenggarakan webinar bertema “Penguatan Keuangan Syariah di Masa Pandemi”, Rabu (6/10/2021).

Dilansir dari Indoposco, Hadir sebagai pembicara pada webinar Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, serta Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna yang dipandu oleh Host Terry Putri. Webinar diselenggarakan secara langsung melalui kanal YouTube BAZNAS TV.

Berita Terkait

Webinar ini juga merupakan salah satu kerja sama BAZNAS dan BSI dalam rangka meningkatkan literasi zakat sehingga diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk cinta zakat.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI menyampaikan kewajiban zakat bagi setiap Muslim. “Zakat merupakan pintu kita untuk membersihkan diri dan mensucikan diri. Zakat merupakan ibadah kepada Allah, tetapi melalui makhluk-Nya,” katanya.

“Kita harus memastikan bahwa dalam perencanaan keuangan kita, apakah zakat sudah ada di dalamnya? Maka, mari kita biasakan menyisihkan dana yang kita punya untuk menunaikan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) meski dalam keadaan pandemi maupun tidak. Insya Allah jika kita menunaikannya, maka kita akan mendapat keberkahan,” jelas Rizaludin.

Rizaludin menyampaikan, dana zakat yang dikeluarkan seorang Muslim memiliki efek dan manfaat dalam peningkatan ekonomi mustahik, penanggulangan ekonomi, hingga mendukung program SDGs (Pembangunan Berkelanjutan).

“Hal itu terlihat dari kontribusi penurunan angka kemiskinan melalui sektor ZIS adalah sebesar 16% (dari jumlah penurunan kemiskinan sebanyak 880.000 jiwa periode September 2018-2019). Maka dari itu mari kita tunaikan zakat karena manfaatnya sangat besar bagi kemaslahatan dan kesejahteraan umat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna menyampaikan peran Bank Syariah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah yang mana akan berpengaruh terhadap peningkatan potensi ZIS di Indonesia.

“Untuk itu, membangun kesadaran dari masyarakat termasuk peningkatan literasi ekosistem Islam yang di dalamnya terdapat zakat, infak dan sedekah harus terus ditingkatkan,” jelasnya.

Anton mengatakan, BSI telah menyediakan layanan kemudahan zakat melalui Payroll BSI yang memberikan kemudahan bagi para Muzaki baik untuk menunaikan ZIS, hingga layanan kurban online BAZNAS.

Kolaborasi bersama BAZNAS merupakan langkah keseriusan BSI mendukung penguatan ekosistem zakat dan menyukseskan Gerakan Cinta Zakat yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo 15 Mei lalu. (Nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button