Gali Potensi Ekspor IKM Jawa Barat, Bea Cukai Kunjungi Pondok Pesantren

JagatBisnis.com –   Untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai terus berupaya menggali potensi ekspor dari berbagai sektor, termasuk Industri Kecil Menengah (IKM)/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah.

Pada kesempatan ini, Kanwil Bea Cukai Jawa Barat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Ittifaq, yang mengajarkan para santri untuk berusaha di bidang pertanian/agrobisnis. Disambut oleh Ketua Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq, Setia Irawan, tim Kanwil Bea Cukai Jawa Barat melihat langsung lahan pertanian yang dikelola.

Lahan pertanian yang luas, serta kondisi geografis pondok pesantren mendukung terciptanya berbagai hasil bumi dengan kualitas prima. Hasil bumi ini kemudian didistribusikan ke supermarket dan pasar tradisional di berbagai wilayah di Jawa Barat.

“Kami melihat potensi besar yang dimiliki Pondok Pesantren Al-Ittifaq untuk dapat mengembangkan usahanya melalui ekspor,” ujar Nurtanti Widyasari, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Kanwil Bea Cukai Jawa Barat.

Pada kunjungan ini juga dibahas tentang proses bisnis pondok pesantren yang selama ini dijalani. Nurtanti menambahkan, “Bea Cukai akan melayani, mendampingi, dan tentu saja memberikan fasilitas dalam bidang kepabeanan untuk IKM yang akan mempermudah pondok pesantren bila melakukan ekspor nantinya.”

Harapan selanjutnya dari kunjungan ini dapat melahirkan eksportir baru untuk mendukung langkah pemerintah dalam melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha di tengah pandemi. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button