Empat Masalah Kulit Timbul dari Terlalu Banyak Gunakan Produk Kecantikan

JagatBisnis.com – Menutupi ketidaksempurnaan dengan terlalu banyak penggunaan produk kecantikan umumnya akan menimbulkan masalah kulit dan bahkan memperburuk penampilan wajah.

“Masalah kulit yang kerap dialami adalah timbulnya iritasi, kulit kering, breakout, dan jerawat,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Armansjah Dara Sjahruddin, Sp.KK, Jakarta, Sabtu, (6/11/2021).

Empat masalah kulit yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Iritasi

Iritasi kulit wajah adalah kondisi penyakit pada kulit ketika lapisan terluar yang terbilang sensitif terkena paparan zat alergen tertentu. Misalnya, penggunaan sabun, udara panas, hingga pola hidup tidak sehat.

2. Kulit kering

Masalah kulit yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

3. Breakout

Ini adalah kondisi kulit yang mengalami iritasi dan juga berjerawat. Munculnya breakout bisa disebabkan oleh berbagai hal dan penanganannya pun dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Biasanya, breakout timbul ketika ditandai dengan kulit yang memerah karena adanya peradangan dan muncul banyak jerawat.

4. Jerawat

Ini adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat dan sel-sel kulit mati.

“Untuk wajah pilihlah kualitas, bukan kuantitas. Fokus pada perawatan kulit utama dan fungsional untuk jenis kulit yang lebih spesifik, agar terhindar dari iritasi,” tambah Dara.

Masih menurutnya, proses pembersihan wajah adalah bagian terpenting dari perawatan kulit yang sehat.

“Pilih pembersih wajah yang bukan asal muka bersih saja, tapi pilihlah yang mampu mengembalikan fungsi kulit dengan baik, menutrisi, melembapkan, serta mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori,” ujar dr. Dara.

Saat ini keadaan COVID-19 di Indonesia berangsur membaik. Jakarta kini berstatus PPKM level 1 yang artinya banyak orang yang mulai berkegiatan di luar rumah.

Meskipun tetap menggunakan masker, namun debu, polusi dan kotoran tidak bisa dihindari.

“Senka Perfect Whip Berry Bright hadir sebagai alternatif perawatan kulit pembersih wajah yang mampu mengangkat kotoran, debu dan polusi setelah seharian beraktivitas di luar rumah,” kata Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button