Dukung UMKM Lokal, TikTok Indonesia Hadirkan Pelatihan ‘Maju Bareng TikTok’

JagatBisnis.com –  Untuk memulihkan perekonomian Indonesia, sektor UMKM kini menjadi sorotan dari berbagai pihak. Beragam program diluncurkan untuk mendorong proses jual beli produk UMKM

Presiden Joko Widodo juga telah meluncurkan program Bangga Produk Lokal untuk mempromosikan UMKM lokal di masyarakat. Kementerian Koperasi dan UKM juga diketahui telah menjalin kerja sama dengan berbagai e-commerce untuk membantu para UMKM memasarkan produknya.

Selama pandemi, UMKM menunjukkan ketahanannya dengan peralihan dari konvensional ke digital. Berdasarkan data Cisco APAC digital maturity index, tingkat akselerasi digital UMKM selama pandemi tercatat sebesar 69 persen. Meski demikian, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital karena terkendala infrastruktur dan kemampuan sumber daya manusia.

Untuk itu, tiga puluh juta UMKM ditargetkan untuk terdigitalisasi di tahun 2021. Berbagai pihak pun memberikan banyak pelayanan untuk membantu UMKM lokal bersaing di pasar digital.

Salah satunya adalah program yang diusung oleh TikTok Indonesia. Melalui program Maju Bareng TikTok, TikTok memberikan beragam kelas untuk UMKM mulai dari kelas digital marketing, konten kreatif, TikTok business account, dan TikTok Ads.

“UKM dan IKM merupakan bagian penting dari komunitas TikTok. Program #MajuBarengTikTok ini menjadi perwujudan nyata usaha kami untuk ikut mempercepat digitalisasi UKM dan IKM, serta merangkul target audiens yang lebih luas lagi melalui platform kami,” ujar Kepala UKM TikTok Indonesia, Pandu Nitiseputro, saat jumpa pers online, (27/05/2021).

Program ini juga didukung oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, memberi pelatihan kepada pelaku usaha seputar bisnis yang memanfaatkan platform digital.

TikTok Indonesia membuka pendaftaran bagi UKM di situs resmi mereka. Peserta yang terpilih, akan bisa mengikuti rangkaian pelatihan baik untuk tingkat pemula sampai tikat mahir mulai 3 Juni sampai 29 Juni tahun ini.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button