Dukung Produksi GeNose C19, Bea Cukai Berkoordinasi dengan UGM

JagatBisnis.com –  Dalam rangka mendukung produksi alat deteksi Covid-19 oleh Universitas Gadjah Mada berupa GeNose C19, Kantor Bea Cukai Yogyakarta berkoordinasi dengan UGM Science Technopark.

Kepala Kantor Bea Cukai Jogja, Hengky Aritonang melakukan kunjungan lapangan ke UGM Science Technopark untuk melakukan koordinasi sekaligus melihat langsung proses produksi GeNose C19, disambut oleh para pimpinan UGM Science Technopark dan konsorsium yang terlibat dalam proses produksi GeNose C19.

Produksi GeNose C19 dilakukan oleh 5 Konsorsium, yaitu PT Nanosense, PT Hikari Solusindo, PT YPTI, PT Stechoq Robotika Indonesia, dan PT Swayasa.

Hengky menjelaskan, untuk memproduksi GeNose C19, PT Stechoq mengimpor beberapa bahan baku dari luar negeri, antara lain micro pump dan valve pneumatic. Sedangkan PT Hikari mengimpor komponen elektronis dan sensor. Kemudian, kegiatan assembly final dilakukan oleh PT Swayasa yang bertempat di UGM Science Technopark.

Menurut Hengky, GeNose C19 sangat penting dalam penanganan pandemi Covid 19, terlebih lagi ini adalah produksi anak negeri.

“Bea Cukai akan berusaha mendukung produksi GeNose C19 dengan memberikan fasilitas percepatan layanan importasi bahan baku yang dibutuhkan,” ungkap Hengky. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button