Dompet Dhuafa dan Tokopedia Kolaborasi Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Sulawesi Barat

JagatBisnis.com – Gempa dengan kekuatan 6,2 SR yang mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, pada Jumat lalu (15/1/2021), mengakibatkan banyak kerusakan mulai dari fasilitas umum seperti kantor pemerintah, rumah sakit, hingga tempat tinggal warga sekitar.

Menurut informasi BNPB, hingga sampai saat ini tercatat 105 orang meninggal dunia, 3 orang hilang, 92.075 orang mengungsi, serta 6.489 orang mengalami luka-luka. Puluhan ribu warga yang mengungsi tersebut, saat ini tinggal di 360 titik pengungsian dengan rincian 20 titik di Kabupaten Majene, 230 titik di Kabupaten Mamuju dan 110 titik di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Beragam aktivitas Dompet Dhuafa,melalui Tim SAR DMC (Disaster Management Center), telah dilaksanakan termasuk pembukaan layanan kesehatan bagi penyintas, pendistribusian logistik, menyediakan air sanitasi dan higienitas dengan pembuatan sumur bor dan MCK, Dapur Keliling (Darling), dan dapur umum. Demi meringankan beban masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Sulawesi Barat, Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan tim CSR & Social Impact Tokopedia.

“Bantuan CSR Tokopedia bersama Dompet Dhuafa hadir dalam respon kemanusiaan atas gempa yang terjadi di Sulawesi Barat. sehingga dengan kolaborasi ini dapat mempercepat pemulihan pasca bencana yang terjadi. Kolaborasi CSR Tokopedia bersama Dompet Dhuafa, terlaksana dengan memenuhi kebutuhan logistik melalui dapur keliling, paket kesehatan dan family tent yang hadir di tengah penyintas gempa Sulawesi Barat,” ujar Doni Marlan selaku Direktur Resource Mobilization ZISWAF Dompet Dhuafa saat dihubungi melalui WhatsApp pada Jumat (05/02/2021).

Senior Communications Lead Tokopedia, Siti Fauziah, mengatakan “Kami turut prihatin dengan musibah gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat. Saat ini ketersediaan kebutuhan logistik bagi para pengungsi masih sangat minim. Oleh karena itu, sejalan dengan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia dan Dompet Dhuafa berkolaborasi dalam membantu kebutuhan logistik dan meringankan beban mereka yang terdampak.”

“Iya, hari ini kita masak makanan besar, menu nasi ayam semur kecap, menyajikan santapan siang sehat dan bergizi itu untuk membantu para penyintas. Dengan menu yang sama, tentunya kami juga masak untuk santapan siang para relawan kemanusiaan respon gempa bumi Sulbar,” ungkap Asep Suryana, Koordinator Darling Dompet Dhuafa pada respon gempabumi Sulbar.

Tokopedia mendonasikan amanah senilai Rp250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) untuk bantuan respon gempa bumi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, dengan alokasi bantuan berupa makanan siap saji (dapur umum), paket logistik, hygiene kit dan pembangunan tenda pengungsian.

Tim Darling Dompet Dhuafa membagikan lebih dari 200 box makanan sehat dan bergizi kepada para penyintas bencana. Distribusi dilakukan di Posko Pengungsian KPU atau Bawaslu Jl. Ir. Soekarno-Hatta, Kel. Karema, Kab. Mamuju, dan Posko Pengungsian Buah Hati Jl. Halfateh Hasan No. 7, Kelurahan Karema, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Penyintas bencana banjir yang terdiri dari anak-anak, dewasa, hingga lansia, antusias dan bersyukur atas bantuan makanan siap santap tersebut.

“Kegiatan memasak disini sudah mulai jarang aktif di posko pengungsian kami. Juga pengungsi ingin makan enak seperti bantuan Tokopedia dan Dompet Dhuafa ini karena jenuh hampir setiap hari makannya mie dan telur terus. Terima kasih sekali bantuannya,” aku Ibu Anna, selaku Ketua Posko Pengungsian KPU.

“Bantuan makanan siap saji kolaborasi Tokopedia dan Dompet Dhuafa, tidak hanya bergulir hari ini saja. Tim Darling akan mendampingi, memasak, dan menyajikan ragam varian menu lainnya kepada penyintas yang bergulir pada hari-hari berikutnya,” ujar Asep. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button