Dompet Dhuafa Bersama Transmart Carrefour Siapkan Kurban Berkualitas

JagatBisnis.com –  Sambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) kembali menghadirkan layanan Qurban 2021 yang bersinergi dengan tiga lembaga kemanusiaan nasional yakni Dompet Dhuafa, Global Qurban ACT, dan Human Initiative (HI). Ketiga lembaga kemanusiaan tersebut hadir untuk melakukan transaksi pembelian hewan kurban di seluruh gerai Transmart Carrefour di Indonesia, sekaligus penyedia, penyaluran hingga pelaporan qurban.

Pada Kamis (17/6/2021), Transmart Carrefour bersama Dompet Dhuafa, Global Qurban ACT, dan HI, menggelar sebuah Press Conference bertajuk ‘Mari Kita Ber-Qurban’ bertempat di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kolaborasi layanan Qurban tersebut sudah kali ke-sembilan sejak tahun 2013. Lebih dari 100 gerai Transmart Carrefour se-Indonesia hadir untuk layanan Qurban. Kali ini, periode Qurban Idul Adha 1442 H berlangsung selama tanggal 18 Juni – 19 Juli 2021. Dan sebelum bincang dimulai, dibuka dengan pemutaran video pelaksanaan Qurban masing-masing lembaga, tausiyah dan doa bersama.

Fresh Director Transmart Carrefour, Eka Nurcahaya, menyebutkan, bahwa melalui kolaborasi ini semakin bisa mengoptimalkan qurban dan berbagi. Eka optimis, tahun 2021 ini adalah kebangkitan untuk ber-qurban, pun sebagai kewajiban untuk kita membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

“Saya lihat dalam penayangan video Dompet Dhuafa tadi ketika penyaluran qurban di Halmahera, itu bergetar hati saya. Masih banyak, makan nasi hanya dengan air, apalagi makan dengan daging ya? Dari video penyaluran itu kita tahu, masih banyak orang-orang yang perlu kita bantu,” sebut Eka Nurcahaya.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Etika Setiawanti selaku Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa, melihat masyarakat Indonesia tetap antusias dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi. Dompet Dhuafa tetap mengajak masyarakat Indonesia untuk berani menyisihkan rezekinya, berani menunaikan ibadahnya, dan berani berkurban lagi.

“Tentunya sinergi ini adalah suatu kemudahan bagi masyarakat khususnya pelanggan Transmart Carrefour untuk berkurban melalui gerai Transmart Carrefour di seluruh Indonesia. Kami dari Dompet Dhuafa akan menyediakan, mendistribusikan lebih luas, hingga memberikan laporan qurban,” ucap Etika.

Senada dengan Etika, Direktur Global Qurban ACT, M. Bassair Abas, mengatakan, “Tantangan bagi kami adalah peluang, di dalam kolaborasi. Tahun ini semangatnya dengan kolaborasi yang luar biasa ini inshaAllah ber-qurban tanpa batas itu bisa. Karena qurban juga sebagai wasilah silaturahmi”.

Ya, selain bisa belanja kebutuhan sehari-hari, masyarakat dapat mudahnya untuk berkurban melalui gerai Transmart Carrefour di seluruh Indonesia. Transmart Carrefour mempercayai kurban melalui tiga lembaga kemanusiaan nasional, karena melihat kredibilitas dari ketiga lembaga dalam menyediakan hewan kurban, mulai dari ketersediaan pakan hingga ternak yang berkualitas, terlihat dari bobot maupun kesehatan yang terjaga begitupun kandang dari ternak-ternak tersebut.

“Pandemi Covid-19 seharusnya bukan halangan. Saatnya mulai dari kita budayakan, bisa ikhlas bisa qurban. Tayangan video penyaluran tadi membuktikan masih banyak yang harus kita ketuk dan ajak berbagi. Terima kasih untuk tiga lembaga yang konsisten menjadikan kami juga sebagai mitranya,” ungkap Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour, Satria Hamid.

Dompet Dhuafa melalui sentra ternak DD Farm berharap dapat berkontribusi lebih pada tahun ini dalam menyediakan hewan kurban. Selain itu melihat penyebaran DD Farm di 12 wilayah seluruh Indonesia, yakni Banten, Jogja, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan, Riau, Sumatera Utara, Solok (Sumatera Barat), Ronting (Nusa Tenggara Timur) dan Bantaeng (Sulawesi Selatan) direncanakan dapat membantu pemenuhan kebutuhan kurban terutama bagi mereka yang berlokasi di wilayah terpencil, tertinggal bahkan terluar di Indonesia.

“Dalam pengadaan hewan qurbannya, kami memiliki sentra ternak yang tersebar di beberapa pulau di Indonesia. Dan juga bermitra dengan masyarakat peternak pemberdayaan kami. Sehingga InshaAllah akan terdistribusikan ke pelosok-pelosok negeri khususnya penerima manfaat yang berhak,” pungkas Etika.

Adanya manajemen pengelolaan kurban yang terkonsep secara tepat dan bijak dapat memangkas biaya hewan kurban. Sehingga masyarakat dapat berkurban dengan harga yang tidak menguras isi dompet bahkan masyarakat terjamin dari mutu maupun kualitas hewan kurban yang berasal dari DD Farm, tata kelola peternakan mulai dari kecukupan pakan, kualitas pakan hingga keadaan kandang dan hewan yang dapat mempengaruhi kualitas maupun mutu hewan tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan dengan adanya DD Farm ini dapat menjamin kualitas dan mutu hewan kurban dari hilir ke hulu. Inilah keyakinan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) pada tahun ini dalam ketersediaan hewan kurban yang berkualitas maupun berkuantitas.

Dengan tagline ‘InshaAllah Qurban’, Vice President Operation Human Initiative, Anjar Radite, menambahkan, “Kita semua ini sedang mengakomodir, menjalankan syariah yang sudah turun-temurun sejak Nabi Adam a.s. Ini giat yang sangat penting dan inshaAllah nilainya besar di mata Allah. Inilah sumber alasan kenapa kita melakukan ini semua”. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button