Ditanya soal Pilpres 2024, Begini Jawaban Ganjar

JagatBisnis.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak memberikan komentar soal elektabilitasnya yang sering berada di posisi atas dalam sejumlah lembaga survei mengenai Pemilu Presiden 2024.

“Survei apa. Saya dari Semeru, melihat Anggrek mampir ke sini,” katanya setelah ziarah di makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu, 24 Oktober 2021.

Berita Terkait

Ia memberikan apresiasi perawatan dan penambahan fasilitas penunjang yang dilakukan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma di makam Bung Karno sehingga kawasan wisata religi itu lebih menarik dan bersih.

Ganjar juga menegaskan bahwa dia tidak ada janji bertemu dengan risma di makam Bung Karno. Ia baru ada kegiatan kaki Gunung Semeru, sehingga setelah selesai singgah ke makam Bung Karno di Blitar.

Hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Litbang Kompas menunjukkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki persentase elektabilitas yang sama dalam survei calon presiden untuk Pemilu 2024.

Namun, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa tolok ukur untuk menjadi pemimpin negara tidak ditentukan oleh hasil survei.

“Kalau kita lihat survei itu gambaran ketika survei itu dilakukan. Tolok ukur seorang pemimpin bagi bangsa dan negara tidak semata-mata ditentukan oleh survei,” kata Hasto di Jakarta.

Sementara itu, kehadiran Ganjar di makam Bung Karno juga menyita perhatian peziarah serta simpatisan. Mereka sempat berebut hendak mendekati, namun karena harus jaga jarak, warga pun menghormatinya dan dialog dari jauh.

Ganjar juga sempat bertemu dengan Risma yang kebetulan berada di lokasi makam Bung Karno. Keduanya berdialog sebentar di tempat publik itu sebelum akhirnya Ganjar menuju ke lokasi pusara Bung Karno dan Risma kembali memantau perawatan fasilitas di area makam.

Di lokasi makam, Ganjar dan rombongan berdoa dan setelahnya tabur bunga. Ia juga sempat ke lokasi masjid di area makam, ke lokasi tempat istirahat lalu meninggalkan lokasi makam. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button