Dinosaurus Kaki Gunung Lawu yang Viral Ternyata Buatan Lokal

jagatBisnis.com – Jagat maya dihebohkan video dinosaurus mengamuk saat diturunkan dari atas truk. Ternyata, itu adalah replika binatang purba yang bisa bergerak, koleksi Mojosemi Forest Park, tempat wisata di kaki Gunung Lawu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Mojosemi Forest berdiri di atas lahan milik Perhutani dan dibuka sejak tahun 2015. Ada tiga wahana permainan outdoor ditawarkan di sana, yaitu Mojosemi Forest Park, Dinosaurus Park, dan Dinosaurus Show.

Nah, replika hewan purba yang viral itu adalah satu di antara tujuh replika dinosaurus bergerak yang ditampilkan di Dinosaurus Show.

Manager Marketing Dinosaurus Park, Vivid, menjelaskan dinosaurus yang bisa bergerak itu adalah replika yang dibuat dengan kostum yang betul-betul mirip dengan aslinya.

Bukan oleh orang, dinosaurus koleksinya digerakkan oleh mesin. Semacam robot dinosaurus. Adapun dinosaurus yang viral itu ialah jenis Triceratops.

Vivid mengatakan, di tempat wisata yang dikelola PT Bumilawu Amarta Sentosa itu, sebanyak 21 replika dinosaurus aneka jenis disuguhkan kepada pengunjung. Dinosaurus yang bisa bergerak sendiri ada tujuh.

“Pembuatan dinosaurus ada di satu tempat di Magetan. Bukan impor, masih (buatan) lokal,” ujarnya saat dihubungi wartawan pada Selasa, 15 Desember 2020.

Khusus untuk dinosaurus bergerak hanya ditampilkan setiap weekend saja, yaitu pada Sabtu dan Minggu. Di saat weekend lah pengunjung banyak datang. Selama pandemi, sekira 1.500 orang yang berkunjung jika long weekend, separuh lebih sedikit dari sebelum pandemi.

“Kalau hari biasa tak sampai seribu orang,” kata Vivid.

Ia menegaskan protokol kesehatan dengan ketat diterapkan kepada pengunjung selama pandemi. Mojosemi Forest juga merencanakan program spesial saat libur Natal dan Tahun Baru. Di antaranya dengan menyuguhkan pertunjukan robot dinosaurus.

Triceratops yang viral itu adalah dinosaurus baru koleksi Mojosemi Forest yang rencananya akan ditampilkan perdana saat libur Natal dan Tahun Baru nanti. Itu sebabnya di video, dinosaurus bertanduk dua dengan ‘kipas bundar’ di bagian leher itu tergambar tengah diturunkan dari atas truk yang membawanya dari lokasi pembuatan.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button