Diduga Tertimbun Sampah, Makam Keluarga di TPA Sumur Batu Hilang

JagatBisnis.com –   Kuburan keluarga yang berada di RT 03 RW 03 Ciketing Kelurahan Sumber Batu, Kecamatan Bantargebang lenyap diduga terkubur tanah. Mungkin kuburan itu terkubur oleh gundukan kotor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumber Batu.

Salah satu ahli waris, Babi hutan Sutoyo mengatakan, awalnya penguburan itu terletak di pinggiran alam 3 di posisi TPA Sumber Batu.

” Penguburan itu memiliki besar 814 meter persegi, saat itu masih rimbun banyak pepohonan, dan batu nisannya masih lumayan banyak,” tuturnya Sabtu, 25 September 2021.

Lalu, pada 2014 dan 2015, tutur Babi hutan, kuburan masih nampak utuh dengan 114 makam. Pada sekitar 2017- 2018 dahulu wilayah alam 3 gundukan kotor terus menjadi banyak dan tidak diatur.” Akhirnya dilakukan penggalian,” tuturnya.

Tetapi sekitar tahun 2020, tutur ia, gundukan kotor di alam 3 TPA Sumber Batu terus menjadi banyak.

” Karena kerap dilakukan penggalian menyebabkan longsor dan daya muat kotor tadi masuk ke posisi penguburan. Kerukan bekoe pula kena batu kubur,” tuturnya.

Babi hutan meminta, Penguasa Kota Bekasi segera melakukan pemindahan kuburan yang terkubur kotor.” Karena pihak ahli waris meminta secepatnya dipindahkan, karena tanah kuburan tertinggal 50 persen lagi,” ucapnya.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button