Diduga Jadi Pemasok Senjata ke KKB, ASN Yahukimo Dibekuk Petugas

JagatBisnis.com – Satgas Nemangkawi sukses mengrebek salah satu rumah di rute 1 dasar lingkungan roboh kota dekai, Kabupaten Yahukimo dan sukses mengamankan sejumlah benda fakta amunisi dan magasin dan senjata runcing yang lain dan ciri KNPB yang diduga akan disuplai oleh pelaku ke kelompok kriminal bersenjata KKB wilayah Yahukimo.

Waka Ops II Nemangkawi Papua, Kombes Angket Muhammad Sabda mengatakan, Satgas Nemangkawi melakukan penyergapan yang mana berasal dari informasi warga kalau, terdapat sebuah truk dinas berplat merah kepunyaan Pemda Yahukimo yang dicurigai oleh warga membuat bagasi segerombol orang dan sejumlah benda fakta.

“ Setelah Tim OPS Nemangkawi mengecek keberadaan truk itu, ditemukan segerombol orang dengan benda fakta di dalam kolam truk, dan langsung diamankan bersama dengan pengemudi truk yang ialah orang per orang ASN Pemkab Yahukimo bernama samaran ES ke Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan pengecekan,” tutur Sabda dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 September 2021.

Dari pengembangan pengecekan kepada pengemudi truk yang ialah Orang per orang ASN Pemkab. Yahukimo bernama samaran ES itu, Tim Ops Nemangkawi Kembali melakukan penyergapan sebuah rumah yang diduga ialah tempat perlindungan sejumlah benda fakta.

Ada 28 jenis benda fakta yang disita, di antara lain 26 biji amunisi 5, 6 5TJ, 8 biji amunisi 38 SPC, 1 magasin M- 16, 1 pasang pakaian belang KNPB( Panitia Nasional Papua Barat), sejumlah senjata runcing, laptop, busur, HT ICO, Radio Rig( Kenwood), Printer Espon L360, Komputer Toshiba, komputer Lenovo.

” Tidak hanya orang per orang ASN Pemkab Yahukimo bernama samaran ES itu pula diketahui menaruh amunisi dan magasin 5. 56,” tutur ia.

Sebelumnya pada 27 Agustus 2021, tim Satgas Nemangkawi pula mengamankan satu orang Orang per orang ASN Pemkab Yahukimo yang pula ialah Camat ataupun Kepala Area yang bernama samaran EB dan 15 orang yang lain yang diduga ialah partisan KNPB dan KKB wilayah Yahukimo.

Dari 15 orang itu, tim Satgas Nemangkawi menguak 5 antara lain yang ialah DPO Polres Yahukimo atas serangkaian pembantaian bengis di Kabupaten Yahukimo sebagian durasi lalu yang menyebabkan warga awam dan anggota Polri Ataupun Tentara Nasional Indonesia(TNI) meninggal bumi.

Setelah itu pada bertepatan pada 23 Agustus 2021 pula, tim Satgas Nemangkawi sukses melepaskan pegawai Pt. Blaster Papua yang disandera oleh KKB Wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo- Papua.

Sabda menambahkan, seluruh usaha penguatan hukum kepada KKB yang senantiasa mengusik kemantapan keamanan di Kabupaten Yahukimo lalu dilakukan.

KKB Yahukima dikenal sebagai kelompok pembantaian dengan cara bengis, dipimpin Ananias Yalak ataupun dikenal dengan gelar Badan legislatif Soll.” Badan legislatif Soll sukses diamankan oleh Tim Ops Nemangkawi pada 2 September 2021,” tutur Sabda.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button