Daftar Negara yang Evakuasi Warganya dari Afghanistan

JagatBisnis.com – Berbagai negeri di bumi beramai- ramai membuat pergi warganya dari Afghanistan secepatnya mungkin.

Saat sebelum batas waktu 31 Agustus selesai, di tengah keamanan yang memburuk.

Diketahui, AS dan negara- negara mitranya telah memindahkan sekitar 111. 000 orang sejak 14 Agustus, ialah satu hari saat sebelum Taliban memahami Keikhlasan, tutur Bangunan Putih pada Jumat lalu.

Dilansir, Minggu, 29 Agustus 2021, dari Reuters, selanjutnya keterangan rinci pertanyaan usaha pemindahan oleh negeri per negeri:

1. Amerika Serikat

Tentara AS, jika dibutuhkan, akan lalu melayangkan banyak orang dari lapangan terbang Keikhlasan hingga 31 Agustus, tutur Pentagon, markas besar Unit Pertahanan AS.

Tetapi, tutur Pentagon, tentara AS pada hari- hari terakhir akan memprioritaskan pencabutan gerombolan dan perlengkapan tentara. Sementara itu, Bangunan Putih mengatakan kalau penguasa sejak 14 Agustus telah memindahkan 5. 100 masyarakat negeri AS.

Di Afghanistan, masih terdapat sekitar 1. 500 masyarakat negeri AS. Washington sedang berusaha mengabari mereka ataupun sudah memberikan instruksi pada mereka pertanyaan gimana mereka dapat mencapai lapangan terbang Keikhlasan.

2. Kanada

Gerombolan Kanada di Keikhlasan pada Kamis minggu ini telah memberhentikan usaha untuk membuat pergi masyarakat negaranya ataupun masyarakat negeri Afghanistan dari negeri itu. Demikian disampaikan penjabat kepala karyawan pertahanan, Jenderal Wayne Eyre.

Eyre mengatakan, Kanada sudah memindahkan ataupun menolong pemindahan sekitar 3. 700 masyarakat Kanada dan Afghanistan.

3. Inggris

Gerombolan Inggris telah merambah langkah akhir pemindahan banyak orang dari Keikhlasan dan sudah menutup fasilitas- fasilitas cara pemindahan, tutur Departemen Pertahanan Inggris, Jumat.

Usaha yang dijalani saat ini difokuskan pada pemindahan para masyarakat negeri Inggris dan negara- negara yang lain yang sudah menemukan permisi meninggalkan Afghanistan dan sudah terletak di lapangan terbang, tutur departemen itu.

Kemenhan mengatakan tidak terdapat lagi banyak orang yang akan dipanggil menghadiri lapangan terbang untuk diterbangkan. Inggris telah memindahkan lebih dari 137. 000 masyarakat negeri Inggris dan masyarakat Afghanistan.

Jumlah itu ialah yang terbesar kedua dalam pembedahan pengangkutan oleh Angkatan Udara Inggris sejak Penerbangan Berlin pada 1949, tutur kemenhan.

4. Jerman

Jerman telah mengakhiri penerbangan pemindahan sejak Kamis( 27 atau 8). Tentara Jerman sudah melayangkan 5. 347 orang, termasuk lebih dari 4. 100 masyarakat Afghanistan.

Jerman sebelumnya mengatakan telah mengenali kalau terdapat 10. 000 orang yang butuh dibawa pergi dari Afghanistan. Termasuk karyawan lokal negeri itu, pula sejumlah reporter dan aktivis hak asas orang.

Sekitar 300 masyarakat negeri Jerman masih terletak di Afghanistan, tutur seorang ahli ucapan Departemen Luar Negara Jerman, Jumat lalu.

5. Prancis

Departemen Pertahanan Prancis mengatakan kalau, sampai Kamis petang, sudah lebih dari 100 masyarakat negeri Prancis dan sekurang- kurangnya 2. 500 masyarakat negeri Afghanistan yang datang di wilayah Prancis setelah diterbangkan dari Keikhlasan.

6. Italia

Italia mengatakan, grupnya sampai 26 Agustus telah membuat pergi 4. 832 masyarakat Afghanistan dari negeri mereka.

Penguasa Italia berspekulasi kalau pesawat terakhir untuk pemindahan akan meninggalkan Afghanistan pada Jumat malam, tutur Menteri Luar Negara Luigi Di Maio pada para reporter.

7. Swedia

Swedia telah mengakhiri tujuan pemindahan di Keikhlasan, tutur Menteri Luar Negara Ann Linde, Jumat. Beliau mengatakan kalau dengan cara totalitas terdapat 1. 100 orang yang sudah diterbangkan pergi dari Afghanistan, termasuk karyawan lokal kedutaan besar dan

keluarga mereka.

8. Belgia

Kesatu Menteri De Croo mengatakan pada Kamis kalau Belgia sudah memberhentikan pembedahan pemindahan.

Sekurang- kurangnya 1. 400 orang sudah dibawa pergi dari Afghanistan dan pesawat terakhir dari situ sudah berlabuh di bunda kota Pakistan, Islamabad, pada Rabu malam, tuturnya.

9. Irlandia

Departemen Luar Negara Irlandia mengatakan telah memindahkan 36 masyarakat Irlandia setelah menuntaskan tujuan konsuler gawat pada Kamis.

Kemenlu mengatakan grupnya mengenali bahwa

saat ini sekitar 60 masyarakat negeri Irlandia bersama keluarga mereka, pula 15 masyarakat Afghanistan yang ialah penduduk Irlandia, masih terletak di Afghanistan. Mereka, tutur kemenlu, telah meminta dorongan.

10. Polandia

Polandia telah memindahkan sekitar 900 orang dari Afghanistan, termasuk sekitar 300 wanita dan 300 kanak- kanak, tutur Kesatu Menteri Mateusz Morawiecki, Kamis minggu ini.

11. Hongaria

Hongaria telah memberhentikan pembedahan pemindahan di Afghanistan setelah melayangkan 540 orang, termasuk masyarakat negeri Hongaria dan Afghanistan, bersama keluarga mereka, yang dahulu bertugas untuk gerombolan Hongaria, tutur Menteri Pertahanan Tibor Benko, Kamis kemarin.

12. Denmark

Denmark melayangkan pesawatnya yang terakhir dari Keikhlasan pada Rabu lalu. dengan membuat karyawan diplomatik dan personel tentara yang tertinggal, bagi departemen pertahanan.

13. Austria

Austria saat ini tidak melaksanakan penerbangan sendiri dan memercayakan Jerman dan negara- negara lain untuk menolong pemindahan.

Menteri Luar Negara Alexander Schallenberg mengatakan pada saluran pemancaran ORF pada Rabu kemarin, kalau 89 masyarakat negeri ataupun penduduk Austria sudah dibawa melambung pergi dari Afghanistan. Puluhan masyarakat Austria masih terletak di Afghanistan.

14. Swiss

Swiss, yang memercayakan dorongan Jerman dan AS untuk melakukan pemindahan melalui Tashkent, telah membuat pergi 292 orang dari Afghanistan, tutur Menteri Luar Negara Ignazio Cassis, Selasa, 24 Agustus 2021.

Masih terdapat 15 masyarakat negeri Swiss yang terdaftar di Afghanistan, tetapi Swiss tidak berencana untuk melakukan penerbangan lagi.

15. Belanda

Penguasa Belanda pada Kamis kemarin mengatakan, telah memindahkan 2. 500 orang dari Afghanistan sejak 15 Agustus. Sebesar 1. 600 dari banyak orang itu diterbangkan ke Belanda.

Delegasi besar Belanda sudah meninggalkan Afghanistan dalam penerbangan terakhir pada Kamis. Tidak terdapat karyawan diplomatik yang masih bermukim di negeri itu.

16. Spanyol

Spanyol sudah memberhentikan pemindahan personel dari Afghanistan, tutur penguasa. 2 pesawat tentara, yang mengangkat 81 masyarakat Spanyol pergi dari Keikhlasan, datang di Dubai pada Jumat dini hari kemarin. Demikian suara statment penguasa.

Pesawat- pesawat itu pula membuat 4 angkatan Portugal dan 83 masyarakat Afghanistan yang sempat bertugas untuk negara- negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara( NATO).

Selama tujuan pengamanan, Spanyol telah memindahkan 1. 898 masyarakat Afghanistan yang sempat bertugas untuk negara- negara Barat, Perserikatan Bangsa- Bangsa, ataupun Uni Eropa.

17. Turki

Turki telah melayangkan sekurang- kurangnya 1. 400 orang dari Afghanistan, termasuk sekitar 1. 000 masyarakat negeri Turki, tutur Menteri Luar Negara Mevlut Cavusoglu minggu ini.

18. Qatar

Qatar pada Kamis( 25 atau 8) mengatakan telah menolong pemindahan lebih dari 40. 000 orang ke Doha.

Qatar pula mengatakan kalau” usaha pemindahan akan diteruskan dalam sebagian hari mendatang setelah bertanya dengan mitra- mitra global”.

19. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab( UAE), Kamis( 25 atau 8), mengatakan telah menolong 36. 500 orang pergi dari Afghanistan, termasuk 8. 500 orang yang masuk ke UAE dengan kongsi penerbangan nasional ataupun melalui bandar- bandar udara di negeri itu.

20. India

India telah melayangkan 565 orang dari Afghanistan. Beberapa besar dari mereka merupakan personel dan masyarakat negeri India yang bermukim di negeri itu, pula puluhan masyarakat Afghanistan termasuk masyarakat Sikh dan Hindu, tutur penguasa.

21. Australia

Kesatu Menteri Scott Morrison mengatakan pada Jumat( 27 atau 8) kalau Australia sudah memindahkan 4. 100 orang, termasuk lebih dari 3. 200 masyarakat negeri Australia dan masyarakat Afghanistan pemegang izin Australia.

Tidak hanya itu, pemindahan melingkupi masyarakat dari sejumlah mitra aliansi. Pemindahan kepada ribuan orang itu berjalan selama 9 hari.

Pesawat terakhir meninggalkan negeri itu saat sebelum serbuan di lapangan terbang terjadi. Morrison mengenali kalau sejumlah masyarakat pemegang izin Australia masih terletak di Afghanistan, tetapi beliau tidak ketahui jumlah yang tentu.

Australia berniat membuat pergi sekurang- kurangnya 3. 000 orang lagi dari Afghanistan dalam sebagian bulan mendatang sebagai bagian dari program manusiawi, tutur Menteri Dalam Negara Karen Andrews.

22. Selandia Baru

Angkatan Bersenjata Selandia Terkini melakukan 3 penerbangan dari Keikhlasan. Pesawat terakhir sudah pergi saat sebelum serbuan di lapangan terbang terjadi, suara statment penguasa.

Tidak terdapat personel tentara Selandia Terkini yang masih bermukim di Keikhlasan pada saat serbuan berjalan, bagi statment itu, pula tidak terdapat masyarakat Selandia Terkini yang terabaikan di lapangan terbang Keikhlasan.

Bagi hitungan sementara, tutur penguasa, sekurang- kurangnya terdapat 276 masyarakat negeri dan penduduk tetap Selandia Terkini bersama keluarga mereka, pula masyarakat negeri lain pemegang izin Selandia Terkini, yang sudah dievakuasi.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button