Cukup 3,5 Gram Emas, Inilah Program Naik Haji dari Pegadaian

JagatBisnis.com – Menunaikan ibadah haji adalah impian semua umat Islam. Keterbatasan kuota membuat anterian panjang sehingga untuk menunaikan ibadah haji di Indonesia butuh waktu tunggu hingga 15 tahun, tergantung daerahnya. Tapi kini, masyarakat Indonesia tak perlu binggung untuk mendapatkan porsi naik haji. Karena PT Pegadaian memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekkah. Dengan mendaftarkan diri beserta jaminan 3,5 gram emas Logam Mulia (LM), masyarakat bisa mendapatkan nomor porsi haji.

“Melalui program Semarak Arrum Haji free Administrasi (Sahara), dengan 3,5 gram emas atau setara uang Rp1,9 juta, masyarakat bisa daftar haji melalui Pegadaian dan masyarakat langsung dapat nomor porsi haji dan kepastian nomor haji,” kata Pemimpin Wilayah VIII Jakarta 1 PT Pegadaian (Persero), Mulyono dalam Webinar “Haji dan Umrah di Masa Pandemi”, yang diselenggarakan Jagatbisnis.com, di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Dia menjelaskan, program Sahara diterapkan secara syariah dengan proses mudah, cepat, dan aman. Ada pun keunggulan program Sahara lainnya, emas dan dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian. Biaya pemeliharaan barang jaminan pun terjangkau. Jaminan emas juga dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat lunas. Program ini juga memiliki jangka waktu maksimal angsuran hingga 5 tahun.

“Bahkan, anak berusia 12 tahun pun bisa didaftarkan untuk pembiayaan porsi haji. Namun, saat perjanjian pembiayaan dengan kami, orangtua bertindak sebagai yang melakukan perjanjian,” terangnya.

Bagi nasabah, lanjutnya yang memiliki saldo Tabungan Emas, juga bisa digunakan untuk program ini. Cukup memiliki saldo 3,5 gram, maka sudah bisa dialihkan menjadi produk Arrum Haji untuk mendapatkan pembiayaan porsi haji. Nasabah juga dapat mengalihkan dari program haji reguler ke haji plus.

“Untuk merasakan manfaat dari program ini, cukup memenuhi syarat sebagai pendaftar haji. Kemudian foto copy KTP dan KK. Selain itu, jaminan emas batangan atau Logam Mulia (LM) minimal 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar minimal 70 persen dengan berat sekitar 7 gram. Jika persyaratan telah lengkap, silakan datang ke outlet atau cabang Pegadaian terdekat. Lalu ajukan permohonan pembiayaan Program Sahara,” papar Mulyono.

Diterangkan, nasabah tak perlu khawatir dengan kemungkinan antrean ibadah haji yang relatif lama. Karena Kementerian Agama RI telah melakukan penataan usia, sehingga bagi pemohon yang termasuk usia lanjut keberangkatannya akan didahulukan. Apalagu, pemerintahan Arab Saudi juga ada rencana memperbesar kuota untuk jemaaah haji indonesia.

“Namun jika nasabah meinggal dunia sebelum keberangkatan, maka ibadah haji tak dapat digantikan oleh ahli waris. Hanya dana haji yang akan dikembalikan kepada ahli warisnya,” pungkas Mulyono. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button