Covid-19 di Indonesia Akan Jadi Endemi

JagatBisnis.com –    Jumlah orang terinfeksi Covid-19 di Indonesia terus menurun. Sehingga
memunculkan isu kesiapan Indonesia menghadapi Covid-19 yang status awalnya pandemi menjadi endemi.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Agus Suprapto mengatakan, bila angka kasus semakin turun, maka Covid-19 akan segera berubah dari pandemi menjadi endemi.

“Bila angka kasus semakin turun, dan tidak terjadi gelombang ketiga pada akhir tahun, serta situasi tetap terkendali seperti saat ini, maka tahun depan ekonomi dapat pulih dan tumbuh di atas 5 persen. Makanya.’, saat ini, kita harus terus bangun suasana optimis,” katanya, Minggu (24/10/2021).

Menurutnya, endemi adalah sebuah kondisi di mana kasus penyakit menular lebih terkendali. Artinya, jumlah kasus Corona bisa terkendali dengan baik, dibandingkan dengan situasi pandemi. Sehingga endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi di mana kondisi kasus lebih terkendali. Namun, bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya.

“Jadi endemi, penyakit ini akan selalu ada secara konsisten. Adapun faktor yang membuat pandemi bertransisi menjadi endemi adalah kekebalan masyarakat atau herd immunity meningkat. Hal ini bisa terjadi dengan akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah. Sehingga angka perawatan dan kematian pun menurun,” ujarnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button