Canon Hadirkan Duo Lensa RF Idaman, Lensa Tele yang Ringan dan Ringkas Serta Ekonomis

JagatBisnis.com – Untuk menghasilkan foto atau video yang indah dan berkualitas, selain dukungan dari bodi kamera yang canggih, diperlukan juga dukungan dari lensa yang mumpuni. Oleh karena itu, Canon melalui PT. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia kembali menghadirkan dua lensa terbaru untuk sistem RF mount ke tanah air, yaitu RF 70-200mm f/4L IS USM lensa zoom teramping dan teringan, serta lensa fix RF 50mm f/1.8 STM yang mampu memberikan efek bokeh pada foto yang indah. Sangat cocok digunakan oleh fotografer atau videografer pemula ataupun profesional yang mengutamakan kualitas gambar yang maksimal.

“Dengan hadirnya kedua lensa baru ini, Canon ingin memperluas kreativitas para pengguna kamera Canon dengan sistem EOS R dengan memberikan lebih banyak pilihan lensa. Terlebih bagi pengguna yang ingin memotret olahraga, satwa liar, ataupun untuk kebutuhan fotografi wedding dan pembuatan film, lensa RF baru mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan tersebut,” ujar Syailendra Kamdani, Head of Marketing Division Canon Business Unit PT. Datascrip.

 

Jika biasanya lensa tele identik dengan bodi yang berat dan panjang. Berbeda halnya dengan lensa tele RF 70-200mm f/4L IS USM terbaru yang memiliki bodi yang lebih ringan dan lebih ramping dengan berat hanya 695g dan panjang 119mm. Sehingga mudah saat dibawa ke mana saja dan dapat disimpan dalam tas walaupun lensa masih melekat di kamera.

Lensa ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi dual-motor Nano Ultrasonic Motors (USM) untuk menghadirkan kinerja fokus otomatis (AF) yang super cepat dan senyap, sehingga memudahkan pengguna untuk mengunci fokus pada subjek berkecepatan tinggi saat memotret dengan cepat dan tanpa suara.

 

RF 70-200mm f/4L IS USM mampu memberikan kualitas gambar yang tinggi di seluruh rentang zoom. Bahkan ketika memotret dengan zoom terpanjang 200mm, elemen pada lensa ini bisa diatur untuk mengurangi vignetting, aberasi kromatik dan ghosting. Selain itu, lingkar aperture 9-blade pada lensa ini juga mampu memaksimalkan efek bokeh yang halus hingga pada tepi gambar.

Saat memotret menggunakan lensa zoom telefoto tanpa tripod, seringkali menghasilkan bidikan yang buram/blur. Namun, dengan lensa RF 70-200mm f/4L IS USM pengguna tak perlu khawatir, karena lensa ini hadir dengan 3 pilihan Image Stablizer (IS) bawaan sehingga memberikan keleluasaan memotret dengan tingkat stabilisasi gambar hingga 5-stop, untuk memastikan hasil gambar tetap tajam saat memotret dengan genggaman tangan pada objek minim cahaya dengan zoom terpanjang 200mm. Bahkan, saat dipasangkan dengan EOS R5 atau EOS R6, stabilisasi gambar pada lensa ini dapat naik hingga 7,5-stop.

Jarak fokus minimum lensa adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan. Apapun genre fotografinya, kemampuan fokus lensa pada jarak dekat juga dapat memberikan fleksibilitas yang lebih luas saat memotret. Lensa RF 70-200mm f/4L IS USM hadir dengan jarak fokus minimum hingga 0,6m, lebih dekat 1m dibandingkan dengan jarak minimum rata-rata dengan lensa serupa. Pengurangan jarak pemfokusan minimum tersebut, membuat lensa ini mampu mencapai pembesaran maksimum hingga 0,28x.

Lensa RF 70-200mm f/4L IS USM juga memiliki lapisan tahan debu dan cipratan air serta bagian laras lensa yang memiliki peredam guncangan dan benturan. Lensa ini juga dilapisi dengan cat pelindung tahan panas, sehingga seluruh lensa akan bekerja optimal saat digunakan pada cuaca panas. Selain itu, permukaan elemen depan lensa juga memiliki lapisan fluoride yang dapat menghilangkan bekas minyak dan air yang menempel di lensa.

Lensa dengan focal length 50mm merupakan salah satu lensa favorit para fotografer. Canon menghadirkan lensa RF 50mm f/1.8 STM dengan bodi yang ringkas dan ringan. Ini merupakan lensa RF paling kecil dan ringan, pilihan yang tepat untuk mereka yang mendambakan portabilitas, memudahkan dibawa saat hunting foto ke mana saja. Apabila dipasangkan dengan kamera mirrorles sistem EOS R, dapat menghasilkan kombinasi yang lebih kecil dan ringan dibanding DSLR full-frame dengan EF 50mm f/1.8 STM.

Dengan bukaan besar f/1.8 lensa ini menghasilkan efek bokeh yang luar biasa menawan, namun harganya tidak menguras dompet. Diameter mounting RF yang besar dan jarak fokus belakang yang pendek membuat lensa RF 50mm f/1.8 STM menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi. Sejumlah elemen lensa asferis digabungkan ke dalam konstruksi lensa tradisional untuk koreksi aberasi lensa yang lebih baik.

Lensa RF 50mm f/1.8 STM memiliki jarak fokus terdekat 30cm, lebih dekat 5cm daripada jarak pada EF mount. Dengan perbesaran 0,25x, memungkinkan fotografer membidik lebih dekat ke makanan, produk, benda kecil dan objek lainnya yang menarik, sehingga membuka segala kemungkinan yang lebih kreatif.

Lensa ini sangat ideal digunakan untuk fotografi portrait, pemandangan dan fotografi makanan, juga menjadi idaman para videografer. Lensa RF 50mm f/1.8 STM baru ini juga memiliki aperture besar f/1.8 yang cocok digunakan saat memotret pada situasi minim cahaya, seperti malam hari atau di dalam ruangan. Apabila dipasangkan pada EOS R5 dan EOS R6, In-Body IS di kedua kamera tersebut mampu memberikan stabilisasi gambar pada kecepatan rana hingga 7-stop, sehingga ketajaman dan stabilitasnya jauh lebih baik untuk bidikan genggam di malam hari.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan lensa:
Canon RF 70-200mm f/4L IS USM dengan harga Rp28.830.000.
Canon RF 50mm f/1.8 STM dengan harga Rp3.506.000. (eva/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button