Botol Jadi Jernih, Sprite Ajak Publik Peduli Lingkungan

JagatBisnis.Com – Merek minuman soda, Sprite telah mengubah desain kemasan ikonik botol berwarna hijaunya menjadi botol PET jernih. Tujuannya agar lebih mudah didaur ulang.

Senior Brand Manager PT Coca-Cola Indonesia, Fitriana Adhisti mengungkapkan, alasannya perubahan untuk mengajak masyarakat lebih peduli mengatasi permasalahan sampah plastik melalui Project #LihatDenganJernih.

“Ini kami rancang untuk membantu meningkatkan laju daur ulang kemasan plastik di Indonesia,” jelas Fitriana dalam diskusi virtual, kemarin.

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar, mengapresiasi upaya-upaya produsen untuk melakukan pengelolaan sampah kemasan produknya secara terus menerus, dengan memastikan sampah kemasan tersebut dikumpulkan dan didaur ulang. “Hal ini akan mendukung pemerintah untuk pengurangan sampah,” katanya.

Director of Public Affairs, Communication and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo mengatakan, dengan mengganti kemasan botol hijau ikonik menjadi kemasan jernih di Indonesia, Sprite telah membuat suatu langkah konkret untuk mencapai visi global “World Without Waste”, dimana Coca-Cola memiliki komitmen untuk mengumpulkan atau mendaur ulang setiap kemasan botol produk yang dijualnya pada akhir dekade ini.

“Kami berupaya mengurangi limbah dengan merancang kemasan yang dapat didaur ulang serta mengumpulkan dan mendaur ulang 100 persen produk yang dijual pada tahun 2030 serta bermitra dengan berbagai organisasi,” katanya.

Managing Director Waste4Change, M. Bijaksana Junerosano, menyebut berdasarkan pantauan di lapangan botol PET jernih ini sangat dibutuhkan oleh industri daur ulang. “Botol ini jauh lebih mudah diubah menjadi benda lain yang berguna, sehingga apabila agenda ini dikelola dengan baik, nantinya bisa menggerakkan ekonomi. Jadi dampaknya luas,” tukasnya.

Adapun pengumuman perubahan botol dari hijau menjadi bening bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 yang mengambil tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi Saat Pandemi”.

Peluncuran Sprite Clear Bottle dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Coca-Cola Indonesia, Waste4Change serta youth influencer.(hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button