BMKG Peringatkan Warga Makassar Soal Potensi Badai dan Bencana Alam

JagatBisnis.com – Hujan kencang dan kilasan petir diiringi angin cepat menyerang Kota Makassar dan sekelilingnya. Angin besar itu terjadi Senin petang menjelang petang.

Akhirnya sejumlah jalanan utama di Kota Daeng terhenti, semacam di sejumlah titik di Jalur Urip Sumoharjo dan Jalur AP Pettarani. Usai doa Petang, petir dan angin cepat berhenti, dan tertinggal hujan enteng.

” Buat terkejut petirnya, karena cepat dahulu terkini gemuruh petir,” tutur Achmad Faiz Ikhlas hati, masyarakat Jalur Toddopuli VI, Kota Makassar.

Badan Meterologi, Ilmu cuaca dan Geofisika( BMKG) Wilayah IV Makassar sebelumnya telah memberikan peringatan akan peristiwa alam itu.

BMKG memprakirakan ada kemampuan cuaca berlebihan berbentuk hujan rimbun, amat rimbun, angin cepat dan gelombang besar dalam rentang waktu seminggu ke depan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan. Prediksi cuaca berakibat banjir bandang pula tertuju pada Sulawesi Selatan.

” Warga diimbau supaya tetap cermas dan berjaga- jaga kepada kemampuan cuaca berlebihan( hujan lebat- sangat rimbun yang bisa diiringi cepat atau petir, angin cepat, gelombang besar, dan lain- lain). Dan akibat kepada musibah hidrometeorologi yang bisa ditimbulkannya semacam banjir, tanah longsor, banjir bandang, kubangan, tumbuhan rebah,” demikian peringatan BMKG, yang ikut disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button