BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrim di Malang dan Sekitarnya

JagatBisnis.com –  Kepala Badan Meteorologi Ilmu cuaca dan Geofisika( BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat yang terletak di sebagian wilayah di Jawa Timur, untuk mewaspadai kemampuan cuaca ekstrim pada Minggu 11 April 2021 hari ini.

Dwikorita menjelaskan, kemampuan yang terjadi merupakan hujan dengan keseriusan sedang sampai rimbun, yang pula diiringi dengan petir dan angin cepat, dapat terjadi di sebagian wilayah.

Beliau mengatakan, wilayah yang butuh cermas merupakan Probolinggo, Mojokerto, Blitar, Apes, Batu, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Trenggalek sampai Tulungagung.

” Paling utama di wilayah yang mengalami guncangan itu dikhawatirkan terjadi batuan kian lemah retak dan jika tergulir dengan hujan yang sedang ataupun rimbun ini bisa menyebabkan longsor,” jelas Dwikorita, pada Minggu 11 April 2021.

Lanjut Dwikorita, jika material itu terbawa longsor dan menutup gerakan air di lereng gunung, dikhawatirkan terjadi banjir karena tidak sanggup terbendung oleh tanggul yang terdapat. Untuk itu, grupnya berambisi tetap terdapat kecermatan untuk hari ini.

” Dalam perkiraan kita untuk hari ini. Esok insya Allah tidak. Paling utama 11 April. Esok akan kita mengupdate untuk 3 hari ke depan,” tuturnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button