Bisa Singkirkan Parasit di Tubuh, Begini Cara Konsumsi Biji Pepaya

JagatBisnis.com –  Pernahkah terpikir oleh Anda manfaat biji pepaya untuk kesehatan, atau kita akan membuang begitu saja ketika mengupas buahnya? Ya, biji pepaya kerap akan kita buang setelah memakan buahnya yang manis karena rasanya yang pahit.

Namun baru-baru ini, seorang Tiktokers dengan akun @ramenasaidwow membagikan jika biji pepaya bisa membuang parasit dalam tubuh. Parasit ini adalah organisme hidup yang hidup dari organisme lain untuk bertahan hidup dan ketika Anda terinfeksi, bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Berita Terkait

Infeksi parasit ini juga dapat menyebabkan mual, diare dan muntah. Meskipun ada beberapa cara yang terbukti benar untuk mencegah infeksi parasit, pengobatan rumahan yang trendi terus muncul di media sosial. Salah satu pengobatan rumahan terbaru untuk memerangi parasit tubuh adalah dengan memakan biji pepaya. Benarkah?

Manfaat Biji Pepaya Singkirkan Parasit
“Biji pepaya adalah obat parasit tradisional yang aman dan tampaknya cukup efektif melawan jenis parasit tertentu, meskipun tidak banyak data yang dipublikasikan,” kata Robin Foroutan, MS, RDN, HHC, ahli diet pengobatan integratif dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics.

Dalam satu penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Foods, 71,4 persen anak-anak yang diberi kombinasi biji pepaya kering dan madu telah dibersihkan dari parasit. Ini dibandingkan dengan 0 hingga 15 persen anak-anak yang hanya mengonsumsi madu setelah tujuh hari.

Dia menambahkan bahwa pengobatan alami, seperti menggunakan biji pepaya untuk memerangi dan mencegah infeksi parasit, bisa dipertanggungjawabkan. Biji pepaya, bagaimanapun, mengandung serat, yang membantu mengeluarkan tinja dan komponen lain melalui saluran pencernaan.

Cara Mengolah Biji Pepaya dan Memakannya
Foroutan berbagi dua cara utama penggunaan biji pepaya:

Mengeringkan dan menggiling biji menjadi bubuk dan mencampurnya dengan air, di sini dimanfaatkan menjadi kopi biji pepaya
Membilas seluruh biji pepaya dan memakannya dengan sendok.

Jika Anda berencana untuk memakannya utuh, Foroutan menyarankan untuk bersiap dengan rasa nyaman. Dia menyarankan untuk memulai dari yang kecil — ambil 1 sendok makan pada hari pertama Anda dan tingkatkan seiring sistem pencernaan Anda terbiasa dengan peningkatan serat.

Kandungan Gizi Biji PepayaDalam 100 gram biji pepaya kering menyediakan sekitar 558 kalori energi dan kaya akan protein, lemak dan serat.
Mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng dan lainnya.
Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat.
Mengandung polifenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Lainnya

Biji pepaya kaya akan antioksidan
Biji pepaya kaya akan polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin. Mereka adalah antioksidan kuat. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, melindungi kita dari berbagai penyakit.

Biji Pepaya untuk kesehatan usus
Biji pepaya kaya akan serat. Mereka mengatur pergerakan usus kita, mengeluarkan racun dari tubuh dan dengan demikian menjaga usus yang sehat. Mereka membantu dalam sembelit.

 

Carpaine hadir dalam biji pepaya membunuh bakteri dan parasit di usus kita dan dengan demikian menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat.

 

Biji pepaya membantu menurunkan berat badan
Biji pepaya kaya akan serat. Mereka menjaga pencernaan kita tetap pada jalurnya, sehingga membantu menghilangkan racun dari tubuh kita. Mereka juga membantu dalam mengatur metabolisme kita dan mencegah tubuh kita menyerap lemak. Ini membantu dalam mencegah obesitas.

 

Biji pepaya menurunkan kadar kolesterol
Biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Asam lemak ini mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL). Biji pepaya juga kaya akan serat. Serat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Dengan demikian, mengkonsumsi biji pepaya membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh kita.

 

Biji pepaya bersifat anti-kanker
Biji pepaya mengandung polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Mereka mencegah tubuh kita dari berbagai jenis kanker. Biji pepaya juga mengandung isothiocyanate, yang menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

Biji pepaya untuk ginjal
Biji pepaya melindungi ginjal kita dari kerusakan. Konsumsi biji pepaya memastikan kelancaran fungsi ginjal kita.

 

Biji pepaya untuk kesehatan kardiovaskular
Biji pepaya melindungi jantung kita. Biji ini kaya akan berbagai antioksidan yang melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang melindungi jantung kita dari berbagai gangguan.

 

Biji pepaya mengurangi peradangan
Biji pepaya terbukti efektif dalam mengurangi peradangan. Biji pepaya kaya akan vitamin C dan senyawa seperti alkaloid, flavonoid dan polifenol. Semua senyawa ini menunjukkan sifat anti-inflamasi. Mereka dengan demikian berguna dalam mencegah dan mengurangi peradangan pada penyakit seperti asam urat, radang sendi dan lainnya.

 

Biji pepaya untuk kulit
Biji pepaya menunjukkan sifat anti-penuaan. Mereka menjaga elastisitas kulit kita dan dengan demikian mencegah perkembangan garis-garis halus dan kerutan.

 

Biji pepaya antibakteri
Biji pepaya melindungi tubuh kita dari bakteri seperti Staphylococcus aureus, Shigella dysenteriae, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli dan lainnya.

 

Efek Samping Biji Pepaya
Konsumsi berlebih pada kehamilan dapat berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh.
Kelebihan konsumsi biji pepaya dapat menurunkan kesuburan pada pria dengan mempengaruhi jumlah sperma.
Kelebihan konsumsi biji pepaya dapat menyebabkan diare.
Makan terlalu banyak biji pepaya tidak dianjurkan untuk ibu menyusui.

Dosis Biji Pepaya
Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1 sendok teh biji pepaya per hari. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button