Begini Alasan Sukmawati Pindah Agama Hindu

JagatBisnis.com – Putri Presiden pertama RI Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri mengungkapkan alasan dirinya pindah agama dari Islam ke Hindu. Selama ini dia menjalani ajaran agama mengalir begitu saja. Bahkan, selalu berusaha memahami Islam dan menjadi orang yang baik di tengah masyarakat.

“Sejak lahir saya ditiupkan Islam di kuping saya. Karena kedua orang tua memamg Islam dan selalu mengajarkan Islam. Saya pub berusaha memamahi Islam. Karena yang penting bagi saya bukan suci, tapi bagaimana menjadi orang baik untuk masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/10/2021).

Sukmawati mengaku, dirinya selalu berusaha mempelajari ilmu agama semampunya dan mendalam. Apalagi, dirinya adalah seorang ahli di bidang seni budaya. Walaupun, sudah mulai mempelajari Hindu, tapi dirinya tidak pernah berpikir untuk pindah agama selama orang tua serta suaminya masih hidup, meski

“Saya punya suami yang secara Islam, saya juga hormat dan toleransi kepada suami yang Islam yang juga berusaha memberikan pengatahuan Islam kepada saya. Tapi setelah suami meninggal dunia, pikiran untuk pindah memeluk Hindu mulai ada,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Hindu menjadi agama pilihannya karena memiliki keintiman dengan masyarakat Bali. Karena Bali dan Hindu serta seni budayannya cukup kental. Sehingga tidak terikat orang-orang dekat yang Islam.

“Saya pun lebih mendalami Hindu dan di usia 70 tahun ini sudah waktunya proses itu saya jalankan. Saya pun beralih memeluk agama Hindu yang saya anggap sebagai agama leluhur. Saya pun medapat nama Bali, Ratu Niang Sukmawati. Nama itu
terinspirasi oleh pandangan bahwa Sukmawati merupakan reinkarnasi Ratu Majapahit Tribhuwana Tunggadewi,” pungkas Sukmawati. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button