Bea Cukai Hibahkan Satu Unit Ambulan untuk Yayasan Hang Tuah Banjarmasin

JagatBisnis.com –  Bea Cukai Banjarmasin melaksanakan serah terima barang milik negara eks impor berupa satu unit mobil ambulan kepada Yayasan Hang Tuah Pengurus Perwakilan Banjarmasin yang berada di bawah binaan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin.

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono menyatakan, “Mobil ambulan ini merupakan barang eks impor dari Jepang yang dihibahkan ke Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2008, akan tetapi tidak dilengkapi persyaratan administrasi/perizinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Kurnia.

Kegiatan ini sejalan dengan nota kesepahaman antara Kementerian Keuangan dan Tentara Nasional Indonesia nomor MoU-1/MK/2017 dan nomor Kerma/3/I/2017 perihal Kerja sama dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kementerian Keuangan dengan Tentara Nasional Indonesia mengenai pengamanan/pemulihan/penyelamatan/penggunaan/pemanfaatan aset barang milik negara dalam rangka mengamankan hak-hak dan pertahanan negara.

Sesuai Undang Undang Kepabeanan selama penyelesaian dokumen yang belum bisa dilampirkan/terselesaikan, maka barang tersebut berubah statusnya menjadi barang yang tidak dikuasai (BTD) yang selanjutnya menjadi Barang Milik Negara (BMN).

Pemanfaatan mobil ambulan selama status BMN sejak tahun 2013, tetap dapat dilakukan oleh pihak TNI AL untuk kegiatan sosial masyarakat dan penanggulangan bencana di Kalimantan Selatan dengan melakukan status pinjam pakai BMN ke Bea Cukai Banjarmasin yang diperbaruhi setiap tahun. Sehingga untuk tertib administrasi BMN dan sesuai arahan pihak KPKNL Banjarmasin perlu dilakukan pemindahtanganan penguasaan BMN sesuai ketentuan yang berlaku.

Kurnia menyatakan, “Diharapkan dengan Pemindahtanganan BMN, aset negara dapat lebih berguna dan efektif pemanfaatannya untuk mendukung kegiatan sosial bagi masyarakat sekitar, terutama dalam masa penanganan pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia,” pungkas Kurnia.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button